Sebelum CPNS, Pastikan Cek Keaslian IJAZAH Secara Online Terpercaya

Posted on

Ijazah PALSU menjadi momok yang sangat menakutkan dikalangan Pelajar Maupun Mahasiswa. Bagaimana tidak, jika Ijazahnya terbukti palsu maka secara otomatis tidak dapat mengikuti CPNS karena datanya tidak terdaftar di Pemerintah atau Sistem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik (SIVIL). Dengan begitu, maka akan sia – sia sekolah selama bertahun – tahun namun tidak bisa melanjutkan karir ke dunia Pemerintahan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak oknum yang bermain demi kepentingannya sendiri untuk memuluskan terbitnya Ijazah Palsu atau abal – abal. Hal ini yang menyebabkan banyak yang menjadi korban. Bukan hanya itu, ada juga kasus lain yang memperjual belikan Ijazah dimana seseorang yang butuh ijazah tidak mau repot – repot kuliah tetapi ingin jalur pintas.

Perlu kehati – hatian untuk memilih kampus yang aman dan terpercaya, selain terdaftar di Dikti yang perlu diperhatikan adalah akreditasi kampus. Saya tidak perlu berpanjang lebar untuk menjelaskan cara memilih kampus, fokus disini adalah bagaimana cara mengetahui keaslian ijazah secara online dan akurat.

Menristekdikti, Mohamad Nasir, mengatakan, untuk menangkal ijazah palsu yaitu memberlakukan Penomoran Ijazah Nasional (PIN) dan Sistem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik (SIVIL).

SIVIL merupakan sistem verifikasi ijazah online yang terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti), sehingga keabsahan seorang lulusan akan diverifikasi konsistensinya dengan riwayat proses pendidikan di perguruan tinggi dan pemenuhan atas standar nasional pendidikan tinggi.

Manfaat lain dari layanan yang dapat diakses secara langsung oleh masyarakat ini adalah dapat digunakan untuk mengecek ijazah melalui salinan ijazah dengan cara memasukkan nomor yang terdapat pada ijazah. Berikut cara mudah mengecek keabsahan ijazah dengan cepat, tepat, dan akurat secara online.

Cara Melihat Ijazah Asli atau Palsu

  1. Masuk Situs Resmi : Sistem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik
  2. Maka akan muncul Formulir Verifikasi
  3. Cari nama Perguruan Tinggi dimana Anda mendapatkan Ijazah, ketik kata kunci/ keyword saja maka akan ditampilkan nama-nama lembaganya
  4. Tulis Nomor Ijazah dengan benar sesuai yang tertera pada Ijazah asli
  5. Dan Isikan hasil dari penjumlahan pada kolom Angka Pengaman dan akhiri dengan mengklik VERIFIKASI pada kolom yang berwarna orange.
  6. Yang terakhir lakukan Verifikasi, tunggu beberapa detik sampai data mengenai keaslian Ijazah ditampilkan
  7. Jika nomor Ijazah Anda terdaftar di pangkalan Dikti maka akan keluar data diri Anda, namun jika tidak maka akan keluar informasi “Data tidak ditemukan di pangkalan Dikti, silahkan hubungi perguruan tinggi yang bersangkutan”. Layanan ini tidak menampilkan detail ijazah demi kerahasiaan.
berandapringsewu.com

Adapun Penyebab Data Ijazah Tidak Muncul di Pangkalan Dikti

Ada dua kemungkinan kenapa data Ijazah tidak muncul di pangkalan Dikti yang pertama adalah Perguruan Tinggi bodong dan kedua Perguruan Tinggi tersebut tidak menyerahkan data mahasiswa ke Dikti. Kasus ini pernah dialami para alumnus Universitas Negeri Malang angkatan 2006 hingga 2009 dimana datanya tidak muncul di Dikti. Setelah konfirmasi sama pihak Universitas itu hanya masalah data yang tidak dikirim ke pusat, namun status Ijazah tetap asli dan diakui.

Sumber : teraa.net

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.