Berikut Contoh Ceramah Singkat Tentang Pendidikan

Posted on

Pada artikel ini, saya akan memberikan contoh ceramah tentang pendidikan yang benar-benar harus kamu ketahui. Namun sebelum membahas hal tersebut, ada baiknya kamu terlebih dahulu mengetahui definisi ceramah dan Jenis-jenisnya. Berbicara soal ceramah, memang sedikit mirip dengan pidato namun pada kenyataannya sedikit berbeda. Ceramah dapat didefinisikan sebagai pidato yang bertujuan memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk kepada audiens selaku pendengarnya.

Ceramah terbagi atas dua jenis, yaitu ceramah umum dan ceramah khusus. Ceramah umum ditujukan kepada siapa saja, baik itu khalayak ramai, masyarakat luas, ataupun orang-orang lazim yang sudah kita kenali sebelumnya. Pada ceramah umum, materi dan pesan yang disampaikan tidak ditentukan sesuai dengan acara serta tidak ada batasan-batasan apapun baik dari audiens yang tua muapun muda. Sedangkan ceramah khusus lebih difokuskan untuk khalayak tertentu dan memiliki batasan-batasan yang dibuat mulai dari pendengar yang sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, materi yang disampaikan juga harus disesuaikan dengan keadaan.

Ada tiga komponen ceramah, yakni penceramah, audiens dan juga materi. Saya yakin, kamu tentu sudah tau apa tugas dan fungsi ketiganya bukan? Jadi bagian ini langsung saya skip saja. Sekarang kita lanjut membahas mengenai struktur teks ceramah. Ada 3 struktur yang harus kamu ketahui, pertama ada pendahuluan yang terdiri dari 2 hal yakni pembukaan dan pengantar. Pada pembukaan, seorang penceramah bisa menyampaikan beberapa hal untuk membuka ceramah misalnya salam pembuka, ucapan penghormatan, dan ucapan syukur. Setelah itu dilanjutkan dengan menyampaikan pengantar yang mengarah pada topik ceramah yang ingin disampaikan.

baca juga :

Kedua, ada inti ceramah dimana seorang penceramah dapat menyampaikan isi dari materi ceramah itu sendiri. Bahkan tak hanya itu saja, Ceramah yang baik sejatinya harus membagika ide-ide dan gagasan yang besar yang kemudian dikembangkan dalam subtopik. Tidak lupa, setelah ceramah selesai dilakukan maka ditutup dengan kesimpulan, ucapan permohonan maaf, dan ucapan salam.

Ada banyak cara-cara yang dilakukan penceramah di dalam menyampaikan materi. Beberapa metode yang biasa dipakai yaitu inpromptu (tanpa persiapan), menghafal, membaca naskah, dan ekstemporan. Namun apapun metode  yang diterapkan jika inti dan pesan dari ceramah tersebut tersampaikan dengan baik maka hal tersebut bukanlah menjadi masalah yang besar.

Contoh Ceramah Singkat Tentang Pendidikan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa, atas Rahmat dan hidayah-Nya kita semua bisa berkumpul di tempat seperti ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Tidak lupa sholawat dan salam semoga tetap dan selalu tercurahkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW bersama keluarganya dan para pengikutnya. Semoga di hari akhir kelak, kita bisa mendapatkan syafaat beliau. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin sedikit berbagi ilmu kepada hadirin mengenai ‘pentingnya menuntut ilmu’. Mengapa orang membutuhkan ilmu? Bahkan ada pepatah yang mengatakan “Tuntutlah Ilmu Sampai ke Negeri China” hal tersebut membuktikan jika ilmu menjadi sesuatu hal yang seharusnya benar-benar dibutuhkan oleh manusia.

Mengejar ilmu itu sangat penting, namun tidak hanya sebatas ilmu dari sekolah ataupun dari kegiatan belajar mengajar di kampus (jika kamu sudah kuliah). Ilmu juga bisa diperoleh dari buku, internet, lingkungan masyarakat, dan masih banyak lagi. Jika kamu benar-benar serius mencarinya maka pasti akan mudah kamu temukan.

Yang pertama, Ilmu Dapat Menghindarkan Manusia dari Kebodohan

Tentu anda tidak ingin disebut sebagai orang yang bodoh bukan? Namun pada kenyataannya masih banyak tipe orang seperti ini disekitar kita. Mereka mudah sekali tertipu, termakan bujuk rayunya, dan mudah terpengaruh oleh orang lainnya. Minimnya pengetahuan yang dimiliki membuat dia mudah sekali terbodoh ucapan orang lain. Maka dari itu, tuntutlah ilmu setinggi-tingginya agar anda bisa menjadi orang yang cerdas, bermanfaat, dan berguna bagi agama, bangsa, dan negara..

Yang kedua, Ilmu Merupakan Amalan yang Tidak Akan Terputus Pahalanya Walaupun Kita Sudah Meninggal Dunia

Dalam sebuah hadist dikatakan bahwa “Jika Manusia meninggal dunia maka terputuslah amalnya kecuali tiga hal : sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang shaleh  yang  mendoakan  kedua  orangtuanya,”  (HR.  Bukhari  dan Muslim)

Berdasarkan hadist tersebut membuktikan bahwa seseorang yang memiliki ilmu yang tinggi dan senang membagikannya kepada orang lain, maka tak henti-hentinya pahala terus mengalir terhadap dirinya..

Yang ketiga, Allah SWT Bakal Mengangkat Derajat Orang yang Berilmu

Orang-orang yang berilmu bakal mendapatkan derajat yang tinggi di sisi Allah SWT. Hal ini didasarkan pada firman-Nya di dalam Q.S. Al Mujadilah ayat  yang artinya  :

“Wahai orang-orang  beriman! Bila dikatakan kepadamu, “Beri kelapangan di dalam suatu majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah SWT akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila diucapkan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang telah kamu kerjakan.”

Keempat, Ilmu Dapat Memperlancar Segala Urusan Anda

Apakah anda pernah kesulitan melakukan sesuatu hal di kehidupan sehari-hari? Contoh sederhana saja yaitu memasak. Coba anda bayangkan sendiri, bagaimanakah rasa masakan yang telah anda buat jika anda sama sekali memiliki ilmu dan kemampuan masak dengan baik? Sangat tidak enak bukan?

Maka dari itu, galilah ilmu sedalam-dalamnya. Jangan hanya bergantung pada ilmu selama 12 tahun sekolah saja. Apalagi tentang ilmu memasak, yang tidak mungkin anda dapatkan semasa sekolah. Anda bisa belajar dari orang tua (terutama ibu), nenek, teman, ataupun melihat resep-resep yang ada di internet maupun buku masakan.

Sejatinya masih banyak keutamaan menuntut ilmu yang bisa saya sampaikan, namun karena keterbatasan waktu membuat perjumpaan kita hanya bisa sampai di sini. Mohon maaf ada kesalahan, karena sesungguhnya saya bukanlah makhluk yang paling sempurna

Akhirul Kalam, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Itulah sedikit penjelasan mengenai ceramah dan contoh ceramah tentang pendidikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Loading...

One thought on “Berikut Contoh Ceramah Singkat Tentang Pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.