8 Contoh Kegiatan Ekonomi Masyarakat di Indonesia

Posted on

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang biasa dilakukan oleh manusia untuk bertahan hidup dan memperoleh barang serta jasa, sehingga bisa dikatakan jika kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan manusia untuk dapat bertahan dan memenuhi hidupnya. Kegiatan ekonomi sendiri terdiri dari beberapa kegiatan konsumsi dan produksi, jika produksi merupakan kegiatan yang menghasilkan atau mampu memberikan nilai tambah bagi barang atau jasa untuk bisa memenuhi kebutuhan, sementara kegiatan komsumsi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menghabiskan nilai dan guna barang atau pun jasa. Berikut ini adalah contoh kegiatan ekonomi masyarakat di Indonesia.

Sebagai makhluk sosial, seseorang harus mampu memenuhi kebutuhannya sendiri caranya dengan bekerja ataupun menghasilkan sesuatu yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhannya dengan memanfaatkan bakat yang dimilikinya. Biasanya pekerjaan yang dilakukan seseorang akan dipengaruhi oleh kondisi di wilayah tempat mereka tinggal.

Kegiatan bekerja tersebut yang pada akhirnya mampu membangun perekonomian yang hingga kini berjalan di tengah masyarakat.

baca juga :

7 Bisnis Tanpa Modal Bisa Untung Besar

Masyarakat Indonesia sendiri melakukan beberapa pekerjaan dan profesi yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan mereka yang umumnya dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya seperti lingkungan tempat tinggal, kondisi alam hingga bakat dan juga minat yang dimiliki seseorang yang menentukan mereka akan memilih kegiatan ekonomi apa yang bisa dijadikan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Berikut ini adalah beberapa contoh dari kegiatan ekonomi yang biasa dilakukan oleh masyarakat di Indonesia.

1. Pertanian

Sebagai Negara agraris menjadikan sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki usaha di bidang pertanian yang mampu menghasilkan bahan pangan seperti padi, jagung, kacang, kedelai, sagu, umbi-umbian, buah dan sayur mayor. Seseorang yang bekerja dengan cara bercocok tanam atau bertani biasa disebut dengan petani.

2. Perkebunan

Masih tak bisa dilepaskan dari fakta bahwa Indonesia merupakan Negara agraris, perkebunan juga menjadi salah satu kegiatan ekonomi masyarakat di Indonesia. Perkebunan sendiri merupakan pertanian yang dilakukan dalam skala yang jauh lebih besar. Perkebunan biasanya menghasilkan tanaman keras atau industri dan menghasilkan seperti kakao, kelapa, teh atau pun kopi. Selain itu tanaman hortikultura juga termasuk ke dalam bidang perkebunan yang biasanya menghasilkan komoditi seperti pisang, anggur hingga bunga.

3. Perternakan

Sebagai salah satu Negara yang memiliki wilayah cukup luas, tak heran jika banyak masyarakat Indonesia yang memelihara hewan untuk diambil hasilnya agar bisa dijual, seperti daging, susu maupun telur. Kegiatan ini disebut dengan beternak.

4. Perikanan

Tak bisa dipungkiri jika Indonesia memang kaya akan sumber daya alamnya. Tak hanya dikenal dengan negeri agraris, Indonesia juga dikenal sebagai Negara maritim yang memiliki lautan cukup luas, sehingga tak heran jika perikanan menjadi salah satu contoh kegiatan ekonomi masyarakat di Indonesia. Kegiatan ini meliputi penangkapan ikan, pembubidayaan ikan hingga pertambakan.

5. Kehutanan

Indonesia terdiri dari hutan hujan tropis luas yang menjadikan banyak masyarakat mengelola hutan dan menggunakan hutan menjadi salah satu kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kegiatan ini meliputi mengambil hasil hutan berupa rotan, damar dan berbagai macam jenis kayu.

6. Perdagangan

Masyarakat Indonesia juga menjadikan perdagangan sebagai salah satu kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kegiatan ini meliputi penyaluran barang produksi dari produsen ke konsumen. Ada pedagang yang langsung memproduksi barang yang dihasilkannya pada konsumen namun ada pula pedagang yang menjual kembali barang yang dibelinya dari produsen, pedagang ini disebut sebagai perantara. Ada banyak sekali jenis usaha perdagangan mulai dari bahan makanan, hasil alam, hingga perhiasan dan keperluan sekunder lainnya.

7. Perindustrian

Masyarakat Indonesia juga menjadikan kegiatan mengolah bahan mentah menjadi bahan baku ataupun bahan setengah jadi dan bahan jadi untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kegiatan ini disebut dengan perindustrian, di mana sekarang ini sektor industry di Indonesia mulai berkembang sangat pesat sehingga mampu memenuhi kebutuhan untuk konsumen dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

8. Pelayanan Dan Jasa Pariwisata

Dengan banyaknya kekayaan alam yang dimiliki Indonesia tak hanya dimanfaatkan hasilnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat namun juga bisa dikembangkan menjadi objek wisata yang menjadikan masyarakat memperoleh penghasilan dari sektor ini dengan menyediakan layanan atau jasa seperti pemandu wisata, agen perjalanan, jasa boga, jasa transportasi hingga jasa akomodasi. Kegiatan ini juga termasuk ke dalam salah satu kegiatan ekonomi masyarakat di Indonesia.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk bertahan hidup dan memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Meski ada 8 jenis kegiatan ekonomi yang sudah dijelaskan di atas, namun sebenarnya masih banyak sekali kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat di Indonesia.

Karena Indonesia sendiri memiliki wilayah luas dengan kekayaan alam yang tak terbatas. Umumnya kegiatan yang dilakukan oleh masyarakatnya pun akan berhubungan dengan kondisi alam tempat mereka tinggal. Misalnya saja, kegiatan bercocok tanam akan lebih banyak dilakukan di pedesaan dan begitu pula sebalinya masyarakat kota cenderung akan melakukan kegiatan ekonomi perindustrian untuk bertahan hidup dan memebuhi kebutuhannya.

Hal ini juga berlaku pada masyarakat yang tinggal di sekitar pesisir pantai, secara otomatis mereka akan menjadikan perikanan sebagai kegiatan ekonomi mereka. Namun semua itu juga harus didasarkan dengan bakat dan juga kemampuan.

Jadi sudah tahu kan, apa saja contoh kegiatan ekonomi masyarakat di Indonesia. Semoga penjelasan di atas dapat menambah ilmu pengetahuan anda ya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.