Contoh MOU Kerjasama Penerbit Buku dengan CV (Pihak ke-3)

Posted on

KERJASAMA PT. MEDIATAMA DAN (NAMA CV)

NOMOR :      /Mdt-Mks/VII/2019

TAHUN 2019

Pada hari ini, hari  Senin , Tanggal Satu Bulan Juli Tahun Dua Ribu Sembilan Belas yang berindentitas berikut ini :

  • Nama                           :
  • Alamat                         :
  • Nomor KTP                :
  • Jabatan                        :
  • Nomor HP                   :
  • Adalah Pihak I, mewakili PT. MEDIATAMA

Selanjutnya, yang beridentitas berikut ini,

  • Nama                           :
  • Alamat                         :
  • Nomor KTP                :
  • Jabatan                        :
  • Nomor HP                   :
  • Adalah Pihak II, mewakili (NAMA CV)

Selanjutnya, Pihak I dan Pihak II mengadakan perjanjian kerjasama dalam penjualan buku Sekolah, ATS, APE dan dana Desa yang menggunakan Dana BOS,BOP dan dana Desa. Adapun Kerangka Kerjasama kedua belah pihak tertuang sebagai berikut.

 

PASAL 1 Peminjaman Bendera (NAMA CV)

  1. Pihak I bekerja sama dengan Perusahaan (NAMA CV) (Pihak II) Selama 1 Tahun.
  2. Pihak II bersedia bekerjasama dengan pihak I untuk digunakan sesuai tujuan perjanjian (NAMA CV), yaitu untuk memenuhi transaksi penjualan buku ATK dan APE yang menggunakan dana BOS, BOP dan dana Desa.
  3. Pihak I akan menjaga nama baik perusahaan (NAMA CV) selama masa peminjaman.
  4. Pihak I akan memberikan Fee dalam perjanjian kerjasama Perusahaan (NAMA CV) Utama sebesar yang di sepakati dari penjualan bruto kepada Pihak II.
  5. Pihak II telah memenuhi persyaratan dokumen perusahaan (NAMA CV) sebagai berikut.
  6. Akte Notaris pendirian perusahaan mencakup bidang usaha perdagangan umum, atau pengadaan atau penggandaan buku, cetakan, alat peraga, ATK dan lain-lain.
  7. Memiliki SIUP perusahaan dari pemerintah daerah setempat yang masih berlaku sesaui bidang usaha yang tertuang dalam Akte Notaris pendirian perusahaan.
  8. Dokumen Izin Undang-Undang Gangguan dan TDP (Tanda daftar perusahaan) dari pemerintah daerah setempat,
  9. Surat pengukuhan pengusaha kena pajak (NPWP) dan laporan pajak tahunan perusahaan yang telah terbayar terakhir .
  10. Foto Copy Nomor Rekening perusahaan yang digunakan oleh perusahaan.

 

PASAL 2 Hal – Hal yang menjadi Pekerjaan Pihak Pertama dan Pihak Kedua dalam Transaksi Penjualan Buku ATS dan APE menggunakan dana BOS, BOP dan dana Desa.

  1. Pihak I adalah Perusahaan Penerbit yang berinteraksi dengan pihak sekolah-sekolah atau Institusi Pendidikan yang memiliki pengaruh penentuan penggunaan buku ATS dan APE melalui mekanisme pembelanjaan dana BOS, BOP dan dana Desa.
  2. Pihak II tidak diwajibkan untuk melakukan kegiatan seperti pada ayat 1, namun apabila Pihak II bersedia membantu Pihak I untuk pekerjaan pada ayat 1, Pihak II harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan Pihak I.
  3. Pihak I melakukan kegiatan promosi buku, penarikan pesanan buku ATS dan APE, pengiriman buku, dan penagihan pembayaran pembelanjaan buku ATS dan APE yang bersumber dari dana BOS dan dana BOP ke sekolah-sekolah dan ke desa-desa.
  4. Pihak II tidak diwajibkan untuk melakukan kegiatan seperti pada ayat 3, namun apabila Pihak II bersedia membantu Pihak I untuk pekerjaan pada ayat 3, Pihak II harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan Pihak I.
  5. Pihak I akan membuat Surat/Dokumen pertanggungjawaban pembelanjaan dana BOS (SPJ BOS/BOP/Desa). Sekolah dan desa menggunakan (NAMA CV) (Pihak II) (Kertas Berkop (NAMA CV) , Stempel (NAMA CV), dan tanda tangan kepada Person karyawan Pihak I Yang diberi kuasa Direktur (NAMA CV)).
  6. Pihak II bersedia terhadap pekerjaan Pihak I yang tertuang dalam Ayat 5, dengan bersedia memberikan kertas BerKop (NAMA CV), Stempel (NAMA CV) (Bisa dibuat duplikat stempel), Surat Kuasa Pemengang Tanggung Jawab Direktur kepada Person Karyawan Pihak I.
  7. Pihak I bertanggungjawab dan menjaga nama baik (NAMA CV) atas keabsahan, kelayakan, kevalidan SPJ BOS/BOP/Desa yang menggunakan (NAMA CV) sehingga tidak menjadi masalah di kemudian hari.
  8. Apabila Pihak II tidak bersedia membuat Surat Kuasa kepada Person Karyawan Pihak I, maka Pihak I akan membuat Surat/Dokumen pertanggungjawaban pembelanjaan dana BOS (SPJ BOS/BOP/Desa) Sekolah dan Desa menggunakan (NAMA CV) (Pihak II) (Kertas Berkop CV. Karya Ilmu, Stempel (NAMA CV) dengan otoritas penandatanganan Dokumen SPJ BOS/BOP/Desa pada direktur (NAMA CV) (Pihak II), sehingga Pihak Kedua harus bersedia untuk memberikan penandatangan Dokumen SPJ BOS/BOP/Desa kapan saja atau sewaktu-waktu apabila dibutuhkan oleh Pihak I.

 

PASAL 3 Mekanisme Pembayaran Pembelanjaan dana BOS, dana BOP dan dana Desa oleh Pihak-pihak yang terkait

  1. Pihak I dan Pihak II menjunjung kepercayaan dan keamanan atas pembayaran pembelanjaan Dana BOS/BOP/Desa dari sekolah dan Desa dengan bersepakat membuat Rekening Bersama (Direktur (NAMA CV) bersama Person Karyawan Pihak I yang diberi Kuasa) atas nama Rekening (NAMA CV) di Bank yang disepakati Bersama.
  2. Dalam mekanisme pembayaran pembelanjaan dana BOS, BOP dan Desa, Pihak I dan Pihak II menyadari, memahami hal-hal sebagai berikut.
  3. Pembelanjaan dana BOS, BOP dan Desa dibawah atau sama dengan Rp. 10.000.000, pembayaran bisa dilakukan secara Tunai, karena itu Pihak I dan Pihak II merekomendasikan pembayaran melalui Rekening Bersama (NAMA CV) (seperti tertuang dalam ayat 1)
  4. Pembelanjaan dana BOS, BOP dan Desa diatas Rp. 10.000.000, pembayaran harus dilakukan melalui Transfer ke Rekening Bersama (NAMA CV) (seperti tertuang dalam ayat 1).
  5. Dalam hal pembukaan atau penarikan dana pembayaran pembelanjaan dana BOS, BOP dan Desa, Pihak II bersedia dan memberikan kepercayaan kepada Pihak I untuk melakukan permintaan cetak/print transaksi Rekening Koran Rekening Bersama (NAMA CV) , dan penarikan dana dari Rekening Bersama CV. Karya Ilmu dengan mekanisme Standing Instuction kepada Pihak Bank.
  6. Dalam hal penarikan dana dari Rekening Bersama (NAMA CV), Pihak I yang memiliki kewenangan untuk melakukan pendistribusian dana sesuai biaya operasional yang telah diatur oleh kebijakan perusahaan PT. MEDIATAMA (Pihak I) dan Kesepakatan dalam penjualan buku di Sekolah dan Desa yang menggunakan Dana BOS, BOP dan Desa (Pasal 1, ayat 4).
  7. Adapun untuk pembayaran pembelanjaan BOS, BOP dan Desa yang melalui mekanisme pembayaran Tunai, Pihak I harus memberikan hak Pihak II sesuai Pasal 1 ayat 4.
  8. Pihak I berkewajiban untuk terbuka dan transparan atas semua pembayaran transaksi pembelanjaan dana BOS, BOP dan Desa yang melalui transfer ke Rekening Bersama (NAMA CV) dan Tunai (yang menggunakan Dokumen SPJ BOS/BOP/Desa atas nama Perusahaan (NAMA CV)) kepada Pihak II dengan cara Pihak II menyerahkan Bukti Cetakan Print Out Transaksi Rekening Koran, Salinan Faktur (atau Salinan Kwitansi) SPJ BOS/BOP/Desa.

 

PASAL 4 Perpajakan dalam Transaksi Pembelanjaan Buku ATS dan APE menggunakan dana BOS, BOP dan Desa.

Perpajakan dalam Transaksi pembelanjaan buku menggunakan dana BOS dan BOP di Sekolah telah dibebaskan menurut  PP No.146 Tahun 2000 sebagaimana telah dirubah dengan PP No.38 Tahun 2003 dan PPh Pasal 22 dibebaskan sesuai Keputusan MENKEU RI No. 154/PMK.03/2010. Sedangkan ATS, APE dan dana Desa terbebani PPN sebesar 10% dan PPH 1½%.

 

PASAL 5 Addendum

Pihak I dan Pihak II sepakat atas perubahaan ketentuan yang belum diatur pada perjanjian yang telah di tandatanganin

 

PASAL 6 PENYELESAIAN PERSELISIHAN

  1. Apabila dalam Kerjasama ini terjadi perselisihan di kedua belah pihak, maka Pihak I dan Pihak II bersepakat untuk melakukan penyelesaian secara musyawarah kekeluargaan.
  2. Apabila Penyelesaian pada ayat 1 tidak dapat menyelesaikan masalah kedua belah pihak, maka kedua belah pihak sepakat untuk melakukan penyelesaian masalah memalui Pengadilan negeri Makassar.

 

Demikian Kerjasama ini dibuat dan di tandatangani oleh kedua belah pihak, untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Pihak I

 

(Nama Pihak I)

Pihak II

 

(Nama Pihak II)

 

  • Saksi 1 : Nama saksi 1
  • Saksi 2 : Nama saksi 2
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.