Berbahaya! Berikut 6 Dampak Negatif Game Mobile Legends

Posted on

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa saja dampak negatif kepada game mobile legends. Apakah kamu pernah bermain game? Saya yakin hampir semua pernah melakukannya, ya setidaknya 1 kali seumur hidupnya. Dilansir dari situs pikiran-rakyat.com, jumlah pengguna game di Indonesia saat ini diprediksi sudah mencapai 34 juta orang.

Hal tersebut membuktikan jika masyarakat Indonesia mayoritas memang gemar untuk bermain game. Banyak hal yang membuat orang sampai rela menghabiskan waktunya hanya untuk bermain games, namun yang paling utama  adalah untuk refreshing dan juga hiburan. Jika berbicara apa saja game yang biasa dimainkan oleh para gamers, mungkin jawaban yang paling tepat adalah game online.

Game online atau yang disebut permainan daring  merupakan games hanya bisa dimainkan jika terdapat koneksi internet. Ada banyak sekali game online, namun salah satu yang terpopuler adalah mobile legends. Hmmm, tak perlu saya jelaskan panjang lebar tentang game yang satu ini, saya yakin kamu sudah mengenalinya  bukan?

Hampir setiap jam dan setiap menit game ini selalu dimainkan oleh siapap. Tak peduli tua ataupun muda. Rasanya mereka semua seperti telah mengalami ‘kecanduan”. Jika hal ini bisa sampai terjadi, maka jelas sekali menjadi sesuatu yang merugikan. Segala sesuatu apapun jika dilakukan secara berlebih tentu saja bisa menghasilkan sesuatu yang tidak baik.

Dampak Negatif Kecanduan Game Mobile Legends

Ada beberapa dampak negatif yang harus kamu ketahui,  jika seseorang terlalu sering memainkan game mobile legends atau game lainnya. Adapun dampak buruk tersebut yaitu :

1. Menjadi Lupa Waktu

Bermain bisa menghilangkan waktu produktif kamu. Pagi, siang, sore, hingga malam selalu dihabiskan untuk bermain game. Hal ini jelas tidak seharusnya kamu lakukan, harus ada pembagian waktu antara untuk bermain game dan melakukan kegiatan yang lainnya.

Jangan sampai hanya karena sebuah game kamu menjadi lupa makan, lupa beribadah, lupa membersihkan rumah, dan lupa melakukan kegiatan yang lainnya. Jadi, atur dengan baik waktumu untuk hal-hal yang produktif.

2. Mengabaikan Lingkungan Sekitar

Jika seseorang sudah keasyikan bermain game, biasanya ia menjadi lupa dengan lingkungan sekitarnya dan bersikap acuh tak acuh dan tidak mau tau. Coba saja panggil adikmu atau siapapun yang sedang bermain game, apakah ia langsung menjawab panggilan kamu?

Saya yakin tidak. Apalagi saat itu lagi asyik sekali bermain. Dunia seakan menjadi milik sendiri dan lingkungan yang ada di sekitar seakan tidak ada. Hindari dampak ini dengan cara kontrol waktu, dispilin, dan budaya menghargai waktu.

3. Menyalahgunakan Uang

Terkadang, seseorang yang sudah terlanjur kecanduan terhadap game bakal menyalahgunakan uang yang mereka miliki. Biasanya hal seperti ini sering terjadi pada seorang pelajar. Sebagai contoh, uang yang seharusnya digunakan untuk membayar SPP atau uang gedung sekolah, justru malah digunakan untuk hal-hal lainnya seperti bermain game di warnet, membeli smartphone, ataupun membeli barang lainnya yang mendukung keinginannya tersebut.

Tak hanya uang pribadi yang disalahgunakan, bahkan uang orang tua pun terkadang juga dicuri hanya demi memuaskan hasratnya untuk bisa memainkan game dengan mudah.

Daripada seperti itu, lebih baik sampaikan saja secara jujur dan terbuka kepada orang tua jika memang kamu membutuhkan alat-alat untuk mendukung keinginan kamu untuk bisa bermain game. Namun apabila kondisi keuangan memang pas-pasan, maka jangan paksakan orang tua untuk memenuhi segala apa yang kamu inginkan, apalagi jika kamu melakukan hal-hal yang tidak semestinya misal, mencuri uang orang tua.

4. Bisa Menjadi Seseorang yang Gemar Mengumpat

Jika kamu sering memainkan game mobile legends pasti sering melihat chat room yang berisi tentang umpat-umpatan para pemainnya bukan? Terutama bagi tim mereka yang kalah. Saling mengumpat, saling menyalahkan sudah biasa terjadi.

Tak peduli itu anak-anak ataupun orang dewasa (biasanya anak-anak yang sering melakukannya). Padahal menang dan kalah merupakan sesuatu yang lumrah terjadi pada suatu pertandingan apapun. Jika hal ini terus terjadi, dikhawatirkan semakin ditiru oleh orang lain  juga memainkan permainan yang sama.

5. Membuat Baterai Smartphone Jebol

Dampak negatif kecanduan game mobile legends selanjutnya yaitu bisa membuat baterai smartphone menjadi jebol. Atau dalam arti lain, baterai menjadi mudah terkuras habis. Apalagi jika kamu memainkannya dalam jangka waktu yang sangat lama. Dan yang paling berbahaya lagi, jika kamu memainkannya ketika ponsel sedang dalam pengisian daya.

Seseorang yang sudah candu memang tak mengenal waktu ketika bermain game, bahkan ketika hp sedang di charger pun masih tetap dimainkan. Kebiasaan-kebiasaan seperti itu sangat mempengaruhi terhadap usia dan kualitas dari baterai smartphone itu sendiri

6. Dapat Merusak Mata

Menurut saya, tak hanya mobile legends saja jika sudah kecanduan bermain game pasti bakal merasakan dampak seperti ini. Biasanya hal tersebut disebabkan karena menatap layar gadget dalam jangka waktu yang sangat lama sehingga membuat mata menjadi sangat lelah. Bahkan banyak orang yang rela begadang hanya demi menyelesaikan setiap pertarungan yang ada pada permainan mobile legends.

Alhasil, mata menjadi merah, berair, bahkan minus sehingga tidak bisa jelas melihat sesuatu dari jarak-jarak tertentu. Dan justru, dampak seperti ini lebih banyak terjadi pada orang-orang yang masih muda. Bagaimana untuk meminimalisir dampak tersebut? Cukup dengan kurangi kuantitas Bermain mobile legends atau jangan terlalu sering menatap ke layar, coba istirahatkan mata kamu setiap beberapa menit sekali.

Sejatinya bermain game bukan merupakan tindakan yang buruk jika kamu melakukannya dalam batas yang wajar dan tidak membuat kamu melupakan hal lainnya yang jauh lebih bermanfaat. Maka dari itu, untuk meminimalisir dampak negatif kecanduan game mobile legends, coba buatlah jadwal rutin dan bagilah waktu-waktumu (bermain, belajar, beribadah, makan, dan lainnya), serta buatlah komitmen kuat untuk melakukan hal itu semua.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.