Dampak Positif dan Negatif Youtube bagi Penggunanya

Posted on

Apa saja dampak positif dan negatif youtube bagi penggunanya? Sebagaimana yang kita ketahui di era modern seperti saat ini perkembangan dunia YouTube sudah semakin jauh berkembang. Di masa lalu, situs berbagai video yang satu ini mungkin tidak sepopuler dengan televisi seperti saat ini.

Di zaman dahulu, orang-orang Indonesia lebih sering melihat berita terbaru melalui layar televisi yang terpasang di rumah-rumah warga. Ya, memang pada saat itu youtube masih belum ada. Menurut sejarah, youtube pertama kali dibentuk oleh 3 mantan karyawan Paypal pada tahun 2005. Adapun ketiga orang tersebut yaitu Steve Chen, Chad Hurley,  dan Jawed Karim.

Dilansir dari situs CNN Indonesia, aplikasi youtube menjadi aplikasi media paling populer di tanah air. Lebih dari 1/3 pengguna internet di Indonesia aktif menggunakan layanan situs berbagi video yang satu ini. Hal ini didukung oleh data dari google yang menyebutkan terdapat 50 juta pengguna aktif YouTube per bulannya dari total 146 juta pengakses internet di Indonesia.

Data-data tersebut tentu benar adanya dan bisa kita rasakan terutama bagi seorang Youtuber itu sendiri. Setiap harinya selalu ada para youtuber-youtuber baru yang menghiasi dunia peryoutuban di Indonesia maupun di Indonesia. Selain itu jumlah pengaksesnya pun semakin meningkat pesat sesuai apa yang sudah dijelaskan di atas.

Seiring dengan berkembangnya youtube di Indonesia, maka kita harus mengetahui dampak youtube bagi penggunanya. Untuk itu kami telah membuatkan khusus artikel ini demi membuka jendela hati agar para netizen dan semua pihak paham betul pengaruh youtube selama ini.

Dampak Positif dan Negatif Youtube

Segala apapun yang ada di dunia ini, terutama hal yang berhubungan dengan dunia internet termasuk diantaranya youtube. Tentu selalu ada dampak positif maupun Negatif bagi penggunanya (baik youtuber itu sendiri ataupun pengakses video). Berikut ini beberapa dampak positif dan negatif menggunakan youtube yang harus anda ketahui :

A. Dampak Positif

1. Bagi Seorang Siswa, YouTube Bisa Jadi Sumber Belajar

Fakta menunjukkan bahwa orang-orang Indonesia sangat tidak membaca. Alasannya, bermacam-macam mulai dari harga buku yang terlampau mahal, minat baca yang rendah, hingga terbiasa membaca artikel instan di internet. Hal ini juga berlaku bagi para pelajar di Indonesia. Bahkan sebagian dari mereka justru juga malas membaca konten yang ada di internet.

Pada dasarnya, memang siswa siswi Indonesia malas membaca, terutama hal-hal yang berhubungan dengan pelajaran. Dengan adanya youtube, siswa bisa belajar dan mengakses materi pembelajaran dalam bentuk video dan juga suara. Di situs YouTube, seorang pelajar bisa menonton video pembelajaran yang tentunya berdampak positif bagi siswa itu sendiri.

2. Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru

Mencari berita terbaru tidak harus selalu dilakukan dengan menonton televisi atau membaca konten di medsos. Melalui video youtube pun, anda bisa melakukannya. Anda bisa langsung memantau channel berita yang setiap harinya selalu mengupdate informasi terbaru apa yang terjadi di dalam dan luar negeri.

Justru dengan melihat berita langsung dalam bentuk video, semua bisa tersampaikan secara jelas dan lokasi berita yang dimaksud bisa langsung kita lihat. Benar begitu bukan??

3. Bisa Menjadi Terkenal

Apa benar jika menjadi seorang Youtuber bisa membuat seseorang menjadi terkenal? Jawabannya tentu bisa, Atta Halilintar dan Ria Ricis hanyalah 2 contoh dari banyaknya youtuber sukses asal Indonesia. Bayangkan saja, hanya bermodalkan kamera, suara, dan kepercayaan diri siapa pun bisa terkenal bahkan viral melalui video YouTube.

Namun jangan pernah anda berpikir jika menjadi seorang Youtuber bisa terkenal dalam waktu singkat. Tidak, tidak semudah itu (Fergusio, hihihi). Butuh perjuangan ekstra keras untuk bisa mendapatkan hal itu semua. Anda harus memiliki cukup banyak subscribers terlebih dahulu untuk mempermudah jalan untuk bisa jadi terkenal.

4. Bisa Menghasilkan Uang

Dampak positif youtube selanjutnya yaitu, bisa menghasilkan uang dari konten yang sudah anda buat. Perlu diketahui, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari video YouTube, bukan hanya dari situs periklanan adsense yang selama ini sering anda kira.

Jika video anda berkualitas dan memiliki nilai lebih bukan tidak mungkin para sponsor mengajak kerja sama sehingga anda pun bisa mendapatkan komisi. Selain itu, jika anda memiliki bisnis online yang perlu dipasarkan, bisa dengan memanfaatkan channel youtube untuk menarik minat pembeli untuk membeli produk yang anda jual.

 

B. Dampak Negatif

1. Video YouTube Tidak Semuanya Mengandung Konten Positif

Tidak semua isi yang ada di dalam situs berbagi video youtube menyajikan konten  positif dan layak tonton bagi segala usia. Pada faktanya, sering kali kita temukan konten-konten seperti pornografi, kekerasan, SUARA, dan berbagai video negatif lainnya.

Tentu hal ini sangat berbaya jika sampai ditonton oleh siapa saja, utamanya bagi anak di bawah umur. Dikhawatirkan, mereka akan menirukan setiap adegan yang ada dalam video tersebut. Stop!!! Jangan sampai hal tersebut terjadi pada anak-anak kita.

2. Menjadi Lupa Waktunya

Dampak negatif youtube selanjutnya terkadang membuat penggunanya menjadi lupa waktu. Sering kali kita keasyikan menonton youtube tanpa disadari waktu-waktu penting yang seharusnya kita isi dengan hal-hal yang lebih bermanfaat seperti beribadah menjadi terlewati.

Sebagai manusia yang baik tidak seharusnya Terlalu mementingkan kepentingan dunia daripada kepentingan akhirat kelak. Selain itu, jangan sampai karena kecanduan dengan youtube, membuat anda menjadi lupa makan sehingga berdampak bagi kesehatan tubuh anda sendiri.

Jadi, gunakanlah setiap hal yang ada di dunia may secara bijak dan sebaik mungkin. Jangan sampai anda mengakses hal-hal negatif dan juga menjadi lupa waktu. Akhir kata, demikian artikel dampak positif dan negatif youtube semoga membawa manfaat bagi kita semua, terima kasih.

Loading...

One thought on “Dampak Positif dan Negatif Youtube bagi Penggunanya

Leave a Reply

Your email address will not be published.