Inilah 10 Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham

Posted on

Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham? Mengapa harga saham bisa naik dan turun? Sebelum membahasnya lebih jauh alangkah lebih baik anda mengetahui terlebih dahulu tentang definisi saham. Saham merupakan satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrumen finansial yang mengacu pada bagian kepemilikan suatu perusahaan.Adanya saham membuat perusahaan yang membutuhkan pendanaan jangka panjang guna kepentingan bisnis perusahaan tersebut.

Jika ditinjau dari kinerja perdagangan, saham dikelompokkan menjadi beberapa kategori yakni blue chip Stockdale, income stocks, growth stocks, speculative stocks, cyclical stocks, emerging growth stocks, dan juga defensive stocks. Saham biasanya berbentuk selembar kertas yang didalamnya menjelaskan siapa pemilik saham tersebut. Selain itu, saham biasanya dipakai untuk pasar modal karena harga saham menjadi sesuatu yang sangat penting bagi investor yang ingin berinvestasi

Sementara itu jika didefinisikan, harga saham diartikan sebagai nilai sekarang dari arus kas yang akan diterima oleh pemilik saham tersebut dikemudian hari.  Selain itu, merujuk dari website Wikipedia, harga saham merupakan adalah harga di bursa saham yang berlaku di  saat tertentu yang ditentukan oleh pelaku pasar dan oleh permintaan dan penawaran saham yang bersangkutan di pasar modal.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Saham

Naik turun harga saham merupakan sesuatu yang biasa. Bahkan perubahan harga saham bisa saja terjadi setiap jam bahkan setiap menit. Banyak sekali hal-hal yang membuat hal tersebut bisa bisa saja terjadi. Apa saja itu? Yuk simak pembahasannya berikut ini ;

1. Jumlah Kas Deviden yang Diberikan

Dalam pembagian dividen biasanya diterapkan dengan dua kebijakan. Kebijakan pertama yakni dengan membagikan secafa deviden dan sebagaian lagi dibagikan sebagai laba yang ditahan.  Karena peningkatan sebagian deviden itulah yang memengaruhi harga saham sehingga bisa meningkatkan kepercayaan dari pemegang saham.  Jika jumlah kas dividen besar, maka investor sangat menginginkan hal tersebut sehingga saham menjadi naik.

2. Jumlah Laba Perusahaan

Jumlah laba perusahaan juga menjadi faktor pemicu perubahan harga saham dari waktu ke waktu. Umumnya, investor akan melakukan investasi yang mempunyai profit atau laba yang cukup baik. Hal tersebut dikarenakan pengaruh atau dampak yang dihasilkan juga besar sehingga investor menjadi tertarik untuk melakukan investasi. Pada akhirnya, harga saham perusahaan pun menjadi berubah.

3. Fluktuasi Kurs Rupiah Terhadap Mata Uang Asing

Perubahan kurs rupiah terhadap mata uang asing sering menjadi pemicu naik turunnya harga saham. Adanya fluktuasi Kurs akan berdampak, baik positif maupun Negatif bagi beberapa perusahaan, terutama yang memiliki beban mata uang asing. Perusahaan dengan beban mata uang asing menjadi rugi akibat melemahnya kurs rupiah sehingga berakibat meningkatnya biaya operasional dan mengakibatkan harga saham yang ditawarkan menjadi turun.

4. Manipulasi Pasar

Bagaimana manipulasi Pasar bisa mempengaruhi naik turunnya harga saham? Manipulasi Pasar biasanya dilakukan oleh investor yang berpengalaman dan mempunyai modal banyak dengan memanfaatkan media massa guna memanipulasi kondisi tertentu demi tujuan mereka (baik menurunkan maupun meningkatkan harga saham). Namun hal seperti ini tidak akan berlangsung lama, mengingat perusahaan pasti memiliki aspek fundamental yang sudah terekam pada laporan keuangan sehingga semua bisa dikembalikan lagi ke harga saham yang normal.

5. Laba Per Lembar Saham

Setiap investor yang berinvestasi dalam perusahaan tentu saja akan mendapatkan laba dari hasil investasi tersebut. Semakin tinggi laba perusahaan tersebut, maka perusahaan akan memberikan pengembalian yang cukup baik. Tentu saja, hal tersebut membuat investor bisa saja melakukan investasi yang lebih besar daripada sebelumnya sehingga membuat harga saham perusahaan semakin meningkat.

6. Aksi Korporasi Perusahaan

Faktor-faktor yang memengaruhi harga saham selanjutnya yakni adanya aksi korporasi atau perubahan kebijakan yang diambil oleh suatu perusahaan. Dampak dari kebijakan tersebut dapat menyebabkan perubahan fundamental di dalam suatu perusahaan. Adapun contoh dari korporasi perusahaan yakni akuisisi, merger, dan right issue. Dengan adanya kebijakan-kebijakan seperti itu akan berpengaruh kepada harga saham pada bursa.

7. Sentimen Pasar

Pasar Shama begitu rawan terhadap berita, rumor, maupun informasi yang manipulatif. Meski hanya sekedar isu, akan tetapi banyak anggapan yang mengatakan bahwa pasar bisa saja berpengaruh terhadap kenaikan atau penurunan harga saham. Sebagai contoh, CEO perusahaan tertentu membuat suatu pernyataan maka secara otomatis harga saham perusahaan tersebut juga berubah, baik naik maupun turun tergantung pernyataan yang sudah dikatakan.

8. Kondisi Fundamental Ekonomi Mikro

Kondisi ekonomi mikro juga berdampak bagi naik turunnya harga saham suatu perusahaan. Adapun beberapa kondisi tersebut diantaranya naik turunnya suku bunga yang disebabkan Bank Sentral Amerika,  tingkat inflasi,  naik turunnya nilai ekspor dan impor serta suku bunga acuan Bank Indonesia sehingga berdampak pada nilai tukar rupiah pada dolar AS, dan juga pengangguran yang disebabkan karena goncangan politik dan faktor keamanan yang berpengaruh langsung terhadap naik turunnya harga saham unruk suatu perusahaan.

9. Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah juga dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi harga saham perusahaan walau kebijakan tersebut belum terealisasi atau masih dalam tahap wacana. Beberapa contoh dari kebijakan pemerintah yang dapat mempengaruhi harga saham yaitu kebijakan hutang, ekspor impor, perseroan, dan lain sebagainya

10. Tingkat Resiko dan Pengembalian

Semakin tinggi resiko maka  semakin tinggi pula tingkat pengembalian saham yang nantinya akan diterima. Jika proyeksi laba dan tingkat resiko pada suatu perusahaan ataupun perseroan terbatas meningkat, tentunya akan mempengaruhi harga saham perusahaan tersebut.

Demikian penjelasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah berkunjung di blog sederhana ini .

Loading...

One thought on “Inilah 10 Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham

Leave a Reply

Your email address will not be published.