Format Laporan Laba Rugi yang Mudah Dipahami

Posted on

Laporan laba rugi adalah laporan keuangan  yang menunjukkan perkembangan suatu perusahaan dalam pencapaian di periode waktu tertentu. Jadi, dengan adanya laporan ini, perusahaan bisa tahu apakah saat ini perusahaan yang dijalani tengah mengalami kenaikan ataupun penurunan. Untuk itulah laporan ini harus dibuat secara terstruktur, sistematis dan jangan ada kesalahan yang dilakukan selama proses pembuatan laporan tersebut.

Laporan ini bisa disajikan dengan format apa saja termasuk laporan laba rugi excel. Laporan ini merupakan komponen yang cukup penting untuk perusahaan. Dengan adanya ini, perusahaan dapat mengetahui keuntungan bersih, pengeluaran dan juga hal lainnya yang berkaitan dengan keuangan perusahaan lainnya.

Laporan laba rugi perusahaan dilakukan untuk mengetahui beberapa faktor atau salah satu faktor dari pembuatan laporan ini. Misalnya, laporan ini dibuat untuk mengetahui kenaikan pokok suatu perusahaan, kemudian laporan ini dibuat untuk tahu penurunan harga pokok serta penurunan biaya selama produksi.

Adapun aturan dari pembuatan laporan  mengenai laba rugi tersebut untuk dijadikan laporan yang valid dan bisa digunakan sebagai bahan pengambil keputusan perusahaan. Maksudnya, dari laporan tersebut, perusahaan akan tahu langkah yang bisa ditempuh untuk bisa terus memajukan perusahaan.

www.akuntansionline.id

Fungsi Laporan Laba Rugi Bagi Sebuah Perusahaan

Adanya suatu laporan yang dibuat, tentu bukan tanpa alasan. Laporan dibuat karena memiliki fungsi yang penting untuk perusahaan itu sendiri. Untuk itulah, agar perusahaan yang dijalankan itu bisa berkembang dan maju dengan pesat, Anda perlu membuat laporan yang berkaitan dengan laba rugi.

Agar laporan yang berkaitan dengan keuangan ini bisa diselesaikan dengan sempurna, tentu ada seorang ahli yang menyusunnya agar cepat, hasilnya jelas dan sistematis. Tiap-tiap perusahaan tentu memiliki karyawan yang ahli dengan berbagai hal yang berkaitan dengan keuangan. Maka dari itu, fungsi laporan ini memang penting karena beberapa hal.

Pertama, laporan yang berkairan dengan laba rugi menjadi salah satu alat yang bisa mengukur sukses atau tidaknya perusahaan tersebut. Selanjutnya, laporan ini juga berfungsi sebagai evaluasi kinerja para pegawai perusahaan untuk bisa bekerja lebih baik lagi demi kemajuan perusahaan.

Adanya laporan yang berkaitan dengan keuangan ini juga dapat menjadi referensi profil perusahaan untuk bisa menarik para investor dan kreditur untuk mau bekerjasama dengan perusahaan. Fungsi lainnya dari laporan ini juga menjadi cerminan perusahaan untuk terus berinovasi dalam bisnisnya serta berkreasi agar semakin banyak konsumen yang berdatangan dengan strategi yang tepat.

Yang paling penting, fungsi dari laporan ini bisa menyajikan keuangan perusahaan. Apakah dalam periode tersebut perusahaan mengalami kenaikan atau penurunan. Dari informasi itulah, nantinya perusahaan bisa melangkah untuk mengambil keputusan yang baik untuk nasib perusahaannya.

Elemen yang Harus Ada Pada Laporan Laba Rugi

Jika Anda bertanya bagaimana cara membuat laporan laba rugi, Anda harus tahu terlebih dahulu perihal elemen-elemen yang ada pada laporan tersebut. Elemen yang mengisi laporan tersebut adalah sebagai berikut. Elemen pertama adalah pendapatan yang juga disebut dengan revenues. Elemen ini yang menghitung pemasukan atau peningkatan pada aktiva perusahaan. Perhitungan ini dilaksanakan pada periode tertentu karena faktor produksi dan distribusi barang serta jasa.

Elemen yang kedua adalah beban atau expenses adalah pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan pada masa periode tertentu dikarenakan adanya aktivitas perekonomian yang dilakukan. Yang ketiga ada keuntungan atau profit. Keuntungan adalah pemasukan yang didapat oleh perusahaan yang menjadi faktor peningkatan ekuitas karena terjadi transaksi suatu perusahaan yang secara berkala. Bisa juga peningkatan pemasukan terjadi secara kebetulan yang didapat dari pendapatan produksi dan juga investasi yang dilakukan.

Dan yang terakhir adalah kerugian atau loss. Kerugian disebabkan karena penurunan ekuitas. Hal ini bisa terjadi karena beban saat melakukan pendistribuasian yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Tentu saja setiap perusahaan tidak ingin terjadi kerugian. Selain perusahaan harus menanggung kerugian tersebut, karyawan juga dituntut harus bekerja dengan keras dan mencari solusi agar kerugian ini tidak terjadi lagi di periode selanjutnya.

Contoh dan Format Laporan Laba Rugi Perusahaan yang Baik dan Benar

Contoh laporan yang berkaitan dengan laba rugi bisa dilihat dari bentuk. Bentuk laporan ini ada 2 jenis, yaitu Single step dan Multiple Step. Masing-masing memiliki fungsi masing-masing yang bisa diterapkan oleh perusahaan.

Untuk single step adalah laporan yang bentuknya semua pendapatan dan keuntungan yang masuk ke unsur operasi berada pada bagian awal laporan keuntungan dan kerugian, Kemudian dari seluruh beban dan kerugian yang masuk. Lalu antara total pendapatan, keuntungan, beban dan kerugian menghasilkan laba operasi.

Sementara untuk multiple step berbeda dengan yang awal. Pada bentuk ini, sesuai dengan namanya, memang laporan ini memiliki 2 langkah yaitu kolom transaksi operasional dan non-transaksi dipisahkan. Pada laporan biaya dan beban juga dibandingkan kemudian dihubungkan dengan pendapatan. Menggunakan bentuk laporan ini nantinya bisa tahu perbedaan aktivitas yang bisa dibilang biasa dan aktivitas yang sedikit aneh atau tidak biasa.

Pada format laporan ini sebenarnya sama dengan format laporan perusahaan lainnya. Pada bagian atas laporan terdapat nama perusahaan, judul laporannya dan periode laporan tersebut disusun. Jangan lupa untuk menulis tanggal laporannya secara detail. Setelah itu, komponen laporannya harus dimasukkan seperti pendapatan, beban, laba dan juga rugi.

Sebenarnya bentuk laporan laba rugi tidaklah memusingkan. Apalagi sekarang banyak aplikasi yang bisa membuat laporan tersebut dengan mudah dan cepat. Anda pun bisa mencobanya untuk membantu penyusunan laporan keuangan lainnya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.