Jabatan Fungsional Guru yang Perlu Anda Ketahui

Posted on

Bagi Anda seorang pendidik, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya jabatan fungsional guru. Hal ini memang menyangkut pada karier seorang guru sebagai pendidik dan bagaimana cara mereka mempertahankan kariernya untuk tetap bagus melalui jabatan fungsional ini. bagi seorang PNS yang bekerja di bagian pendidikan, kenaikan jabatan tentu hal yang sangat diimpikan oleh mereka. Yang berarti jika mereka naik jabatan, perjalanan karier mereka sebagai pendidik memang cukup sukses.

Bagi PNS yang baru, tentu masih bingung dengan adanya jabatan fungsional guru dan angka kreditnya. Menurut Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2009, jabatan ini memiliki pengertian jabatan tingkat keahlian yang termasuk pada kategori pendidikan yang dimulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak, Pendidikan Dasar, Pendidikan Lanjutan dan Khusus. Semua itu memiliki aturan dalam proporsinya sendiri-sendiri.

Sementara pengertian mengenai angka kredit adalah satuan nilai-nilai butir dalam tiap kegiatan yang dilakukan seorang guru untuk pembinaan karier dan kenaikan pangkatnya. Jadi, guru yang jabatannya ingin naik, mengharuskan mengumpulkan angka kredit sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Apabila Anda belum mengetahui tentang jenjang seorang PNS, berikut ada daftar jabatan fungsional guru terbaru yang disajikan dengan tabel jenjangnya :

Manfaat Diadakannya Jenjang Fungsional Guru

Adanya peraturan jenjang karier ini terhadap guru memang sangat bermanfaat untuk dunia pendidikan. Jabatan fungsional guru 2018 diharapkan menjadi sarana agar para guru mampu berprestasi, dapat mengemban tugas sebagai pendidik secara lebih baik, serta mengarahkan, menilai dan mengevaluasi peserta didik dengan cara-cara yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Adanya jenjang ini juga merasa karier seorang guru dihargai. Guru memang pahlawan tanpa tanda jasa. Tapi bukan berarti tidak dihargai sebagai abdi negara yang bertugas mendidik generasi bangsa. Jenjang fungsional bisa dianggap sebagai suatu penghargaan atas kerja keras guru dan memberikan kehidupan yang baik dengan diangkat jenjang fungsionalnya ke tingkat yang lebih tinggi.

Karena ini bukanlah hal yang main-main. Guru juga harus bekerja keras untuk bisa meraih jenjangnya dan memberikan yang terbaik selama masa kenaikan dan setelah kenaikan. Anggaplah kenaikan jenjang fungsional sebagai penyemangat untuk bisa lebih baik menjadi seorang pendidik.

Langkah-langkah Untuk Mencapai Jenjang Fungsional

Untuk bisa naik jenjang jabatan fungsional guru tertentu, pastinya tidak bisa dilakukan secara instan. Ada tahapan yang harus dilalui oleh para guru sebelum menikmati kenaikan jabatan tersebut.

Dimulai saat guru baru menjadi seorang guru honorer yang mengabdikan diri di sekolah yang mereka masuki. Menjadi guru honorer adalah sesuatu yang sulit karena mereka dibayar sedikit tiap bulannya.

Menjadi guru honorer juga tidak melalui masa yang sebentar. Bahkan ada guru yang puluhan tahun mengabdi sebagai guru honorer, belum juga diangkat sebagai seorang PNS.

Ketika menjadi PNS, dimulai dari tingkat yang rendah dulu. Seperti yang tertera pada tabel memang tingkatannya seperti itu. Untuk bisa naik pangkat, seorang guru diharuskan membuat karya ilmiah atau menyusun buku.

Buku dan karya ilmiah yang dibuat harus karya sendiri dengan gaya menulis original milik sendiri. Penelitian yang dilakukan juga tidak dalam waktu yang singkat, tapi harus dilakukan hingga penelitian tersebut benar-benar dapat diuji secara akademis.

Tips Untuk Mencapai Jenjang Fungsional yang Diinginkan

Nah, bagi Anda seorang abdi negara muda yang ingin naik jabatan fungsional guru 2018, segeralah persiapkan diri dengan ide-ide kreatif yang segar dan dapat menemukan terobosan baru di dunia pendidikan. Untuk itu, agar harapan Anda untuk nsik pangkat bisa terwujud, lakukan tips-tipsnya.

Tips pertama, mulailah pahami dan pelajari sistem yang berlaku sekarang. Jika dulu, seorang PNS bisa naik pangkat dihitung berdasarkan lamanya masa kerja guru tersebut mengabdi. Sedangkan setelah dikeluarkannya PP Nomor 11 Tahun 2017, PNS dapat diangkat pangkatnya dengan dinilai melalui kinerjanya. Jadi, Anda yang malas-malasan harus segera diubah dan mulai menjadi guru kreatif, inovatif dan juga aktif dalam mengembangkan dunia pendidikan.

Kedua, Anda harus mencapai angka kredit yang telah ditentukan untuk bisa naik ke jabatan yang Anda inginkan. Untuk itu, Anda harus benar-benar mengetahui angka kredit dari masing-masing jabatan fungsional. Kemudian, Anda juga bisa menempuh pendidikan lagi untuk menambah gelar. Ini adalah cara cepat juga jika Anda ingin naik pangkat.

Teruslah berkarya dan melakukan penelitian agar Anda bisa menerbitkan sebuah buku yang dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk belajar. Biasanya dengan cara ini, kenaikan pangkat juga bisa dipercepat. Yang terakhir, Anda harus percaya diri, menjaga hubungan baik dengan rekan dan atasan serta tak boleh menyerah.

Siapkan diri Anda untuk bisa naik jenjang jabatan fungsional tertentu untuk karier dan kehidupan yang lebih baik sebagai pendidik.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.