JENIS JENIS DAN FUNGSI TURUNAN UANG

Posted on

Uang merupakan sebuah benda atau alat yang telah diterima dan telah ditetapkan secara umum oleh seluruh masyarakat luas dalam keperluan sebagai alat transaksi seperti, menukar, mengukur, dan bahkan untuk melakukan pembayaran terhadap sebuah barang atau jasa yang dibeli sebagai sarana usaha dalam memenuhi kebutuhan hidup masyarakat.

A. Jenis-Jenis Uang

Jika dilihat dari bentuknya secara kasap mata, jenis uang terdiri dari dua macam jenis, dan berikut adalah penjelasannya.

1. Uang Kartal

Uang kartal merupakan uang yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai alat bayar yang sah. Untuk lebih jelasnya berikut adalah jenis-jenis dan penjelasannya.

Uang Logam

Uang logam merupakan uang yang berbentuk dengan wujud koin dan terbuat dari logam. Bahan yang digunakan untuk membuat uang logam antara lain seperti aluminium, emas, perak, hingga perunggu.

Uang Logam

Selain itu jenis uang yang terbuat dari logam mempunyai nominal yang relatif kecil. Di Negara kita Indonesia sendiri uang logam terdiri dari beberapa pecahan, mulai dari Rp. 100 rupiah, Rp. 500 rupiah, dan yang paling tinggi Rp. 1000 rupiah.

Uang Kertas

Seperti namanya uang ini terbuat dari kertas dengan berbagai macam gambar dan cap tertentu dan merupakan alat pembayaran yang sah. Menurut yang telah dijelasankan pada UU No. 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia, yang dimaksud dengan uang kertas yaitu uang yang berbentuk lembaran yang terbuat dari bahan kertas/ bahan lainnya yang menyerupai bentuk kertas.

Uang Kertas

Uang kertas mempunyai nilai karena berbagai nominalnya. Oleh karena itu, keberadaan uang kertas hanya memiliki dua macam nilai, yaitu nilai nominal dan nilai tukar.

2. Uang Giral

Uang giral merupakan sebuah saldo rekening koran yang terdapat pada Bank dan dapat digunakan pada kondisi tertentu. Keberadaan Uang giral hanya berlaku untuk masyarakat kalangan tertentu saja sehingga uang jenis ini tidak dapat di-aplikasikan di semua tempat. Contoh dari uang giral adalah berupa cek dan bilyet giro.

B. Fungsi Turunan Uang

Selain berfungsi sebagai alat tukar, keberadaan benda ini juga memiliki fungsi yang lebih luas. Secara garis besar, fungsi uang dapat dibagi menjadi dua fungsi, yaitu fungsi asli dan fungsi turunan. Nah langsung saja, berikut ini adalah pembahasan penjelasan mengenai jenis dan fungsi uang.

1. Fungsi Asli Uang

Fungsi asli uang yaitu fungsi-fungsi yang melekat pada nilai uang tersebut yang merujuk pada sebuah tujuan dasar atau pada awal mulanya diciptakannya sebuah uang. Adapun macam-macam fungsi asli uang adalah sebagai berikut.

Sebagai Alat Tukar

Uang sebagai alat tukar artinya adalah uang diciptakan untuk dapat digunakan sebagai alat tukar di dalam kehidupan masyarakat yang dapat digunakan ketika ingin membeli atau menginginkan suatu kepemilikan barang atau jasa. Sebagai contoh saat anda membeli satu roti kepada penjual, dan kemudian anda menggunakan uang untuk ditukar dengan roti tersebut.

Sebagai Satuan Hitung

Uang berfungsi sebagai satuan hitung artinya uang akan ditetapkan sebagai satuan ukuran yang dapat digunakan untuk menentukan seberapa besar nilai atau harga suatu barang atau jasa yang ditawarkan. Dengan keberadaan uang ini, anda dapat dengan mudah menentukan seberapa besar nilai suatu barang atau jasa diukur dari fungsi atau nilai kualitas

Sebagai contoh adalah harga sebuah buku Rp 10 ribu rupiah dan harga sebuah bolpoin Rp 2 ribu rupiah, maka akan ada nilai yang berbeda pada setiap barang atau fungsi dan kualitasnya.

2. Fungsi Turunan Uang

Tidak hanya sebuah uang memiliki fungsi asli, namun uang juga memiliki beberapa fungsi turunan seperti fungsi yang muncul selain fungsi yang berdasarkan pada tujuan awal diciptakannya sebuah uang. Berikut adalah jenis dan fungsi turunan uang sebagai berikut.

Sebagai Alat Pembayaran Sah

Fungsi turunan uang pertama adalah dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah apabila uang tersebut digunakan sebagai alat dalam pelunas kewajiban. Misalnya, kita menggunakan uang untuk membayar pembelian barang, membayar utang, tagihan listrik, membayar pendidikan, dan lain-lain.

Sebagai Alat Untuk Menabung

Fungsi lainnya yaitu uang dapat dipergunakan sebagai alat untuk menabung. Hal ini dapat berlaku karena seseorang terkadang memiliki keadaan keuangan yang lebih, tidak stabil atau tetap. Suatu hari dimana kondisi saat mempunyai uang yang berlebih, dan bisa saja di waktu yang lain anda akan mengalami kekurangan uang untuk sebuah pengeluaran mendadak.

Nah, dari mulai sini uang dapat digunakan sebagai alat untuk menabung dimana ketika anda memiliki kelebihan uang. Dengan menabung, anda dapat mengantisipasi untuk kasus masa-masa sulit pada waktu yang membutuhkan beberapa jumlah uang dengan solusi menggunakan uang yang telah di-tabung tersebut.

Sebagai Bentuk Kekayaan

Selain fungsi uang juga dapat digunakan sebagai menimbun kekayaan, uang juga dapat sebagai pemindah kekayaan anatar orang. Anda dapat menabung uang yang anda miliki sedikit demi sedikit untuk persiapan kebutuhan atau keadaan mendesak di masa yang akan datang.

Nah, setiap uang yang anda tabung akan mengalami proses kenaikan jumlah nilai, maka dengan keadaan ini berarti kekayaan anda akan terus bertambah. Pada dasarnya, penambahan kekayaan tersebut dapat diartikan juga dengan pembentuk atau menimbun kekayaan.

Sebagai Alat Pendorong Kegiatan Ekonomi

Fungsi uang juga dapat dipergunakan oleh seseorang untuk melakukan sebuah kegiatan ekonomi di lingkungan masyarakat, seperti layaknya transaksi jual beli barang atau jasa. Oleh karena itu, keberadaan uang di sini dapat berfungsi sebagai alat pendorong kegiatan perekonomian di dalam kehidupan masyarakat.

Hal tersebut dapat dijelaskan karena keberadaan uang akan mendorong setiap orang untuk bekerja setiap hari demi mendapatkan kesejahteraan. Dengan kejadian begitu, roda perekonomian masyarakat akan terus berjalan dengan sendirinya. Selain itu, dengan adanya modal akan dapat mempermudah seseorang dalam melakukan kegiatan ekonomi pada kehidupan.

9 thoughts on “JENIS JENIS DAN FUNGSI TURUNAN UANG

  1. Super artykuł, ogólnie to ma sens, jednak w niektórych kwestiach bym się kłóciła.
    Na pewno Twój blog zasługuje na uznanie. Jestem pewna, że
    tu jeszcze wpadnę.

  2. Excellent post! We will be linking to this great article
    on our site. Keep up the good writing.

  3. Thank you a bunch for sharing this with all people you actually
    realize what you’re talking approximately! Bookmarked.
    Please also talk over with my website =). We will have a link alternate agreement between us

  4. I read this paragraph completely about the
    difference of hottest and previous technologies, it’s awesome
    article.

  5. Right away I am going to do my breakfast, once having my breakfast coming again to read other news.

  6. Appreciation to my father who informed me regarding this blog, this web site is in fact remarkable.

  7. I’d like to find out more? I’d care to find out some additional information.

  8. I am regular visitor, how are you everybody? This piece of writing posted at this website is truly good.

Leave a Reply

Your email address will not be published.