Jenis-jenis Tenaga Kerja Contohnya yang Sering Kita Temui di Indonesia

Posted on

Di Indonesia sendiri, ada berbagai jenis-jenis tenaga kerja contohnya di berbagai sektor ekonomi. Adanya jenis tenaga kerja yang ada di Indonesia, bisa membuat negeri ini maju dan jauh dari kemunduran. Misalnya saja, seorang tenaga kerja pendidik seperti guru, yang bisa mendidik putra-putri bangsa untuk menjadi orang cerdas dan berbudi pekerti luhur sesuai dengan nilai pancasila.

Mungkin banyak orang yang belum tahu mengenai tenaga kerja. Banyak para ahli yang mengartikan tentang tenaga kerja itu apa. Pengertian sebenarnya, tenaga kerja adalah orang-orang yang mampu menghasilkan barang dan jasa yang sangat dibutuhkan untuk sehari-hari. Jadi, tenaga kerja yang dimaksud tenaga kerja, bukan hanya orang yang bekerja. Akan tetapi, orang-orang yang memanfaatkan keahliannya untuk bekerja dan dibutuhkan oleh orang lain.

Tenaga kerja di Indonesia sendiri rata-rata antara umur 18 tahun hingga 64 tahun. Tergantung dari jenis pekerjaannya. Dari rentang umur tersebut, dibagi menjadi 3 golongan tenaga kerja. Yang pertama ada pekerja lepas. Pekerja ini biasa disebut dengan freelancer yang bekerja sendiri tanpa berkomitmen kepada perusahaan.

Kedua ada pekerja kontrak yaitu seseorang yang bekerja dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kontrak yang telah disepakati secara tertulis. Terakhir ada pekerja tetap, yaitu seseorang yang bekerja pada perusahaan hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Jenis-jenis Tenaga Kerja yang Ada di Indonesia

Setelah kita tahu pengertian dan penjelasan sedikit mengenai tenaga kerja, sekarang kita membahas mengenai jenis-jenisnya. Perlu Anda ketahui, jenis tenaga kerja di Indonesia cukup banyak mengingat sektor perekonomian di Indonesia juga sangat mumpuni. Apa sajakah jenis-jenisnya?

Yang pertama ada jenis tenaga kerja berdasarkan sifatnya. Jenis pekerjaan ini terbagi menjadi 2, yaitu tenaga kerja rohani dan Jasmani. Tenaga kerja rohani adalah seseorang yang bekerja lebih mengandalkan pikirannya dibandingkan dengan fisiknya. Biasanya orang yang bekerja pada jenis ini berpenampilan menarik, rapi dan juga tidak berada di tempat yang kotor.

Contoh jenis tenaga kerja rohani :

  • Direktur
  • Sekretaris
  • Manajer perusahaan
  • Muru
  • Dosen dan lain-lain.

Sementara untuk tenaga kerja jasmani kebalikannya dari rohani, yaitu lebih mengandalkan fisik dalam bekerjanya dari pada pikiran. Jumlah tenaga pekerja ini sangat banyak dan banyak pula yang memenuhi kualifikasinya. Kadang, inilah yang menjadi permasalahan.

www.suarabmi.com

Kedua, tenaga kerja menurut kemampuannya yaitu terlatih, terdidik dan tidak terdidik. Masing-masing memiliki keunggulan masing-masing. Pekerjaan yang dibutuhkan oleh tenaga kerja ini tidak semuanya bisa masuk. Apalagi untuk yang terdidik dan terlatih. Berbeda dengan tak terdidik dan tak terlatih yang banyak sekali jumlahnya.

Contoh jenis tenaga kerja tak terlatih :

  • Buruh Gendong
  • Kuli Bangunan

Ketiga adalah jenis tenaga kerja berhubungan dengan produk. Jenis tenaga ini dibagi menjadi 2 yaitu tenaga kerja langsung dan tidak langsung. Tenaga kerja langsung adalah tenaga kerja yang terjun langsung ke bagian produksi. Yang berarti dia melihat proses pembuatannya juga.

Sementara yang tidak langsung adalah tenaga kerja yang masih memiliki hubungan dengan produk, tapi tidak terjun langsung dalam pembuatannya. Contohnya saja desainer produk. Selanjutnya yang keempat ada jenis tenaga kerja menurut fungsinya yang ada di perusahaan dan dibagi menjadi tenaga bagian produksi, bagian pemasaran dan tenaga kerja bagian administrasi dan umum.

Lalu yang terakhir menurut jenis pekerjaannya yang dibagi menjadi tenaga kerja pabrik, tenaga kerja lapangan dan tenaga kerja kantoran. Setelah mengetahui jenis-jenis tenaga kerja contohnya, pasti kalian sadar betapa besarnya ruang lingkup perekonomian negara ini. Bagi yang belum mendapatkan pekerjaan, cobalah sekuat mungkin untuk mendapatkan sesuai kualifikasi Anda.

Permasalahan yang dihadapi Tenaga Kerja

Dari sekian banyak jenis tenaga kerja yang ada di Indonesia, tentu ada permasalahan yang timbul karena ini. Karena timbulnya masalah ketenagakerjaan membuat banyaknya demo di sana-sini serta penuntutan hak bagi masyarakat yang belum mendapatkan kesempatan kerja.

Lalu, apa saja yang bisa disebut dengan permasalahan tenaga kerja itu? Masalah tenaga bisa muncul disebabkan karena persebaran kerja yang tidak merata. Misalnya, di tanah Jawa merupakan pusatnya lapangan pekerjaan sementara di Indonesia ini memiliki jutaan pulau dan jutaan penduduk. Karena itu, banyak yang tidak mendapatkan kesempatan kerja bila tidak merantau.

Masalah selanjutnya adalah rendahnya kualitas tenaga kerja yang ada. Contohnya saja, banyak tenaga kerja yang tidak terlatih dan tidak terdidik karena jenjang pendidikannya yang rendah, menjadikan mereka sulit untuk menemukan pekerjaan yang cocok bagi mereka.

Pemutus Hubungan Kerja atau PHK adalah momok yang menakutkan bagi para tenaga kerja. Adanya teknologi yang canggih banyak perusahaan yang lebih mengandalkan tenaga robotik untuk mengurangi jumlah SDM. Dengan begitu, mereka memecat sebagian karyawan yang nantinya menjadi pengangguran. Permasalahan yang sangat kental dari tenaga kerja adalah jumlah angkatan kerja yang banyak tidak sebanding dengan lapangan kerjanya. Bayangkan saja, 1 perusahaan hanya membutuhkan 1 posisi saja, tapi yang mendaftar bisa ratusan.

Cara Mengatasi Permasalahan Tenaga Kerja

Dari permasalahan tersebut, tentu saja ada solusi yang membantunya. Misalnya untuk masalah rendahnya kualitas kerja, pemerintah dapat memfasilitasi pelatihan kerja dan juga dilakukan magang kerja terutama bagi anak muda yang baru lulus sekolah atau kuliah. Apabila kurangnya lapangan kerja karena jumlah angkatan kerja yang besar, pemerintah bisa menekan angka pertumbuhan penduduk seperti diselenggarakannya program keluarga berencana.

Masih banyak masalah dan cara mengatasinya. Jenis-jenis tenaga kerja dan contohnya di Indonesia memang situasinya masih kurang stabil. Tapi jangan menyerah untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang bagus.

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.