Belum Banyak yang Tau! 7 Jurusan Kuliah Yang Paling Banyak Peluang Kerja

Posted on

Saat memasuki Dunia Perkuliahan, kamu pasti disodorkan dengan banyak pilihan Jurusan Kuliah yang nantinya akan kamu jalani dan menjadi jembatanmu untuk menuju masa depan. Sebagian besar orang akan memilih jurusan yang diminati atau disukai agar nantinya tidak berat dalam menjalani masa perkuliahan. Namun tak sedikit pula orang yang lebih memilih jurusan kuliah yang paling banyak peluang kerja dibanding memilih jurusan yang disukainya. Karena tentu saja tujuan setelah lulus kuliah adalah cepat mendapatkan pekerjaan.

Maka dari itu artikel ini telah menyususn deretan jurusan kuliah yang dianggap paling banyak memiliki peluang kerja, sehingga tak perlu khawatir jadi pengangguran atau susah mencari kerja saat lulus nanti.

1. Sastra Inggris

Sastra Inggris masih menjadi salah satu jurusan yang paling menjanjikan karena memiliki peluang kerja yang sangat banyak. Akan tetapi meski begitu, jurusan ini masih sepi peminat padahal ada banyak profesi dengan gaji fantastis bagi lulusan Sastra Inggris. Salah satunya seperti penerjemah. Jika masih banyak yang beranggapan lulusan Sastra Inggris hanya bisa menjadi guru atau dosen, mulailah buang pikiran ini karena banyak sekali peluang kerja yang bisa didapatkan oleh lulusan Sastra Inggris, seperti dunia pariwisata dengan menjadi guide atau pemamdu wisata. Lulusan Sastra Inggris juga bisa bekerja di bidang bisnis seperti ekspor impor, juga dibutuhkan dalam bidang percetakan sebagai editor atau penulis. Lulusan Sastra Inggris juga memiliki kesempatan untuk bekerja di kedutaan luar negeri loh, menarik kan.

2. Kedokteran

Bisa dibilang kesehatan merupakan segalanya bagi manusia, sehingga tak heran jika ilmu kedokteran sangat dibutuhkan di belahan dunia manapun. Hal ini lah yang membuat jurusan kedokteran menjadi primadona di hampir seluruh kampus di dunia termasuk di Indonesia. Karena peminat jurusan ini pun tak pernah sepi, meski untuk mengenyam pendidikan sebagai mahasiswa kedokteran membutuhkan biaya yang tak sedikit dan waktu yang relatif lama.

3. Ilmu Hukum

Menurut survey yang dilakukan oleh Higher Education Statistic Agency di Inggris, jurusan Hukum menjadi 10 jurusan yang paling cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Maka tak heran ya, jika jurusan ini selalu diminati. Bahkan Fakultas Hukum merupakan fakuktas dengan jumlah paling banyak di Indonesia. Hal ini tak berlebihan mengingat peluang kerja yang cukup mudah dan banyak ketika lulus nantinya. Karena kini hampir setiap perusahaan besar di Indonesia membutuhkan seorang legal officer, dan di sinilah nantinya lulusan Fakultas Hukum akan bekerja. Maka saat lulus nanti tak perlu terlalu khawatir akan sulit mendapatkan pekerjaan karena kini sudah banyak sekali perusahaan yang membutuhkan ahli ahli dalam bidang hukum untuk bekerja di dalamnya.

4. Ilmu Komunikasi

Buat kamu yang berasal dari jurusan IPS ada salah satu juruan di rumpum ilmu sosial ini yang sangat menarik, yakni jurusan Ilmu Komunikasi. Kenapa dianggap menarik? karena para lulusan Ilmu Hukum ini nantinya akan dapat bekerja di industri kreatif yang notabene merupakan industri yang cukup berkembang dan sangat menjanjikan pada era sekarang ini hingga nanti. Selain itu masih banyak sekali peluang kerja yang bisa didaptkan oleh lulusan Ilmu Komunikasi.

5. Jurusan Ekonomi

Jurusan kuliah yang paling banyak peluang kerja berikutnya adalah jurusan ekonomi karena hampir di semua sektor bisnis dan usaha akan berhubungan dengan ekonomi. Karena jurusan ekonomi mengajarkan skill skill utama yang biasanya sangat dibutuhkan di pasar kerja sehingga dari banyaknya fakultas, jurusan ekonomi menjadi salah satu fakultas yang paling banyak diminati. Sarjana Ekonomi pun nantinya bisa mendapatkan cakupan yang luas untuk memilih lapangan pekerjaan yang akan ditekuni dan akan lebih berkembang hingga nanti di masa mendatang.

6. Jurusan Teknik Mesin

Peluang kerja teknik mesin sangat banyak dan akan terus bertambah hingga nanti di masa mendatang karena Teknik Mesin merupakan ilmu yang mengajarkan aplikasi dari prinsip fisika untuk desain mesin, manufaktur, analisis suatu mesin dan juga pemeliharaan sebuah sistem mekanik yang ada. Apalagi sekarang ini manusia sudah tak bisa jauh dari mesin dan hampir setiap detik bersinggungan dengan mesin, setiap harinya ada banyak sekali jenis mesin yang digunakan dalam kehidupan manusia. Sehingga tak heran jika lulusan Jurusan Teknik Mesin sangat dibutuhkan dan memiliki peluang yang cukup besar di dunia pekerjaan.

7. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika atau teknik komputer ini menjadi salah satu jurusan yang paling menjanjikan. Jika melihat kemajuan teknologi yang semakin canggih sehingga hampir semua pekerjaan dialihkan menggunakan basis komputer, maka dengan alasan tersebutlah para lulusan teknik informatika atau yang juga disebut dengan jurusan teknik komputer ini menjadi lulusan yang memiliki masa depan cerah. Apalagi di zaman sekarang ini, siapa sih yang tidak menggunakan teknologi komputer. Apalagi di masa mendatang yang tentunya akan lebih membutuhkan lulusan lulusan dari jurusan ini. Karena sebuah informasi menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting, apalagi karena sekarang semua hal telah menggunakan basis komputer sehingga hampir semua masyarakat pun telah menggunakan sistem komputer untuk menunjang dan mempermudah berbagai macam kepentingan di hidup mereka. Selain memiliki kesempatan bekerja yang sangat besar, jurusan ini juga dianggap memiliki masa depan cerah mengingat penghasilan yang didapat nanti tidaklah sedikit.

Sudah tahu kan apa saja jurusan yang paling banyak peluang kerja. Meski kamu boleh boleh saja memilih salah satu deretan jurusan yang paling banyak peluang kerja di atas, namun tetap saja pilihlah jurusan yang kamu minati dan sesuai dengan skill kamu agar tak merasa terbebani saat menjalani masa kuliah nanti.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.