Contoh Kegiatan Ekonomi Sehari-Hari Berdasarkan Motif & Prinsip Ekonomi

Posted on

Kalau bicara mengenai contoh kegiatan ekonomi sehari-hari berdasarkan motif dan prinsip ekonomi, tentu tak akan ada habisnya. Hal ini tidak lepas dari kodrat manusia sebagai pelaku kegiatan ekonomi yang tentu ingin hidup sejahtera. Lantaran tingkat kebutuhan manusia terus meningkat berbanding dengan harga barang atau jasa, kamu harus melakukan usaha maksimal.

Tak sedikit dari manusia yang bekerja dengan sangat keras sehari-hari supaya bisa memenuhi kebutuhan. Kebutuhan ekonomi seseorang tentu tidak sama dengan orang lain. Ada banyak faktor pembeda seperti jenis kelamin, usia hingga latar belakang pendidikan. Untuk itulah kamu tak perlu khawatir kalau kebutuhan bulanan yang wajib dibeli usai gajian beda dengan orang lain.

Agar kamu makin paham, berikut ini adalah contoh kegiatan ekonomi sehari-hari berdasarkan motif dan prinsip ekonomi yang wajib kamu ketahui. Jadikan beberapa hal ini sebagai dorongan untuk melakukan seluruh pekerjaan sebaik mungkin.

Apa Itu Tindakan Ekonomi?

Selama seorang manusia hidup, maka sudah pasti mereka akan melakukan kegiatan ekonomi agar kebutuhan terpenuhi. Kegiatan ekonomi sejauh ini dikenal dalam tiga hal pokok yaitu produksi, distribusi dan konsumsi. Sementara itu tindakan ekonomi dibedakan menjadi dua hal penting yaitu tindakan ekonomi yang rasional (masuk akal) dan irasional (tidak masuk akal).

1. Tindakan Ekonomi Rasional

Jika kamu selalu mempertimbangkan pilihan terbaik dan menguntungkan saat melakukan kegiatan, maka bisa dibilang kamu sedang melakukan tindakan ekonomi rasional. Beberapa contohnya adalah beli pulsa di gerai dekat rumah daripada harus pergi ke pusat kota karena harga yang ditawarkan relatif sama.

2. Tindakan Ekonomi Irasional

Berbanding terbalik dengan yang rasional, tindakan ekonomi irasional terjadi saat kamu tidak mempertimbangkan adanya pilihan yang lebih menguntungkan. Contoh yang termudah adalah kamu beli pulsa di mall alih-alih gerai samping rumah hanya karena lebih murah Rp 1.000. Namun jika dihitung ongkos transportasi pula, jelas tindakan ini tak masuk akal.

Memahami Lebih Lanjut Soal Motif Ekonomi

Pada dasarnya kata motif berasal dari bahasa Inggris yakni motive. Sehingga jika dijelaskan, motif ekonomi adalah kekuatan pendorong yang mampu melakukan kegiatan atau tindakan ekonomi. Apa yang membuat seorang petani bekerja di sawah, nelayan melaut cari ikan saat malam hari hingga seorang ayah setiap hari ke kantor bisa disebut sebagai motif ekonomi.

Kalau diambil kesimpulan, motif ekonomi yang membuat kamu melakukan tindakan dan kegiatan ekonomi. Dan berikut adalah beberapa contoh kegiatan ekonomi sehari-hari berdasarkan motif dan prinsip ekonomi berdasarkan motif ekonomi dan non ekonomi.

1. Motif Berdasarkan Ekonomi

Jika kamu ingin memenuhi berbagai kebutuhan materiil tak perlu malu karena itulah keinginan masing-masing manusia. Entah dalam lingkup pribadi atau kelompok, motif ekonomi akan muncul. Pada dasarnya ada tiga keinginan yang dikehendaki penuhi kebutuhan, memperoleh keuntungan atau laba hingga mencapai kemakmuran.

Untuk contoh kegiatan ekonomi sehari-hari berdasarkan motif dan prinsip ekonomi tidaklah sulit. Misalkan saja sang ayah rajin bekerja tiap hari agar bisa beli rumah atau petani yang menanam padi di sawah termasuk dalam kegiatan ekonomi dengan motif ingin memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Jika punya motif ingin memperoleh keuntungan, yang bisa dilakukan adalah dengan membuka jasa layanan pembuatan website. Asalkan kamu profesional, keuntungan bisa didapat. Dan terakhir jika motif ingin mencapai kemakmuran, contohnya seperti kamu awalnya hanya menerima jahitan baju kecil-kecilan bisa menjadi pengusaha garmen sukses.

2. Motif Non Ekonomi

Tindakan yang bermotif non ekonomi pada dasarnya tidak mempertimbangkan untung rugi. Karena motif non ekonomi membuat kamu melakukan kegiatan ekonomi dengan tujuan menolong sesama. Sehingga bisa dibilang kalau contoh kegiatan ekonomi sehari-hari berdasarkan motif dan prinsip ekonomi lebih terasa manusiawi.

Beberapa contohnya seperti caleg yang membagikan sembako gratis agar memperoleh suara saat pemilu, mahasiswa yang melakukan penggalangan dana untuk korban musibah tsunami Banten, les memasak agar bisa membuat makanan kesukaan hingga warga desa yang bahu membahu gantian melakukan ronda keliling.

Pentingnya Prinsip Ekonomi

Sekedar informasi, prinsip ekonomi ini adalah sebuah pedoman atau pegangan bagi seseorang melakukan tindakan ekonomi agar bisa memperoleh hasil maksimal dengan pengorbanan minimal. Karena itulah prinsip ekonomi ini bisa ditampilkan dalam contoh kegiatan ekonomi sehari-hari berdasarkan motif dan prinsip ekonomi entah produksi, distribusi atau konsumsi.

1. Ditetapkan Dalam Kegiatan Produksi

Beberapa penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi sebetulnya tak lepas dari keinginan memperoleh keuntungan. Mereka para produsen biasanya ingin menghasilan produk sebanyak mungkin dengan mengorbankan sedikit mungkin bahan baku dan faktor produksi.

2. Ditetapkan Dalam Kegiatan Distribusi

Jika berkaitan dengan kegiatan distribusi, maka prinsip ekonomi yang dilakukan adalah produk bisa sampai dengan efektif dengan biaya serendah mungkin. Contohnya adalah kamu mengirimkan barang yang dipesan konsumen dengan menerapkan aturan minimal order. Karena lebih hemat waktu, biaya dan tenaga maka kamu harus menerapkan salah satu prinsip.

3. Ditetapkan Dalam Kegiatan Konsumsi

Salah satu prinsip ekonomi terbaik dalam kegiatan konsumsi adalah saat kamu memiliki uang saku sama dengan temanmu, kamu melakukan tindakan cermat dengan cara mempertimbangkan harga produk Jika di sebuah warung dengan uang Rp 10 ribu kamu bisa beli pecel dan minum es teh sementara temanmu yang makan di cafe cuma bakal dapat air mineral.

Bagaimana, sudah cukup jelas dengan informasi yang ada? Karena begitu kompleks inilah, kamu wajib memahaminya agar bisa mengambil tindakan yang tepat. Dengan contoh kegiatan ekonomi sehari-hari berdasarkan motif dan prinsip ekonomi yang tepat, maka kamu akan bisa memperoleh kesejahteraan yang selama ini didambakan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.