Kuliah Jurusan Teknik Informatika? Kamu Harus Tau ini

Posted on

Kuliah jurusan teknik informatika memang dianggap sangat menjanjikan untuk masa depan seseorang. Setiap tahun nya peminat jurusan yang berhubungan dengan computer ini pun terus bertambah. Dengan biaya yang cukup menguras kantong tak membuat jurusan teknik informatika ini sepi akan peminatnya.

Untuk kamu yang minat untuk melanjutkan perjalanan pendidikan mu ke tingkat yang lebih tinggi dan tertarik dengan dunia informatika ini harus paham dan mengerti terlebih dulu tentang apa itu teknik informatika dan ilmu pengetahuan apa saja yang akan anda dapatkan setelah mengambil jurusan tersebut.

Ini bertujuan agar anda tidak menyesal apalagi berhenti ditengah-tengah perjalanan pendidikan anda karena merasa salah jurusan. Hal ini sering terjadi akibat mahasiswa yang hanya memilih tanpa menimbang-nimbang dan mencari tahu tentang jurusan yang akan digelutinya. Untuk itu artikel ini akan sedikit menjelaskan mengenai kuliah jurusan teknik informatika.

Jurusan teknik informatika merupakan salah satu jurusan yang mendalami ilmu tentang teknik yang mempelajari tentang sains dan teknologi yang khusus menangani masalah komputer. Ilmu yang satu ini sangat membutuhkan pemahaman akan matematika dan fisika.

Ilmu komputer sendiri di bagi menjadi beberapa macam cabang yaitu, ilmu komputer, teknik komputer, teknik informatika, sistem informasi, dan yang terakhir adalah teknologi informasi atau yang biasa disebut dengan TKJ.

Teknik informatika sendiri lebih terfokus pada software. Yang disusun berdasarkan algoritma yang tersusun dari rumus matematika dan logika yang kompleks. Jadi, untuk kamu yang minat terhadap jurusan ini harus suka dan mengerti akan pelajaran matematika itu sendiri.

Dijurusan ini yang pertama akan kamu dapatkan adalah beberapa mata kuliah dasar wajib di jurusan teknik informatika. Yang meliputi, fisika dasar, kalkulus I dan kalkulus II, logika matematika atau biasa disebut juga dengan logika informatika, matematika diskrit, aljabar linier dan matrix, metode numeric, dan yang terakhir statistic.

Semua mata kuliah tersebut harus kamu pelajari dan pahami serta kuasai agar kamu bisa melanjutkan kemata kuliah berikutnya. Jika kamu tidak suka dengan matematika yang khususnya ke tujuh ilmu tersebut kamu akan sangat keteteran untuk kedepannya.

Karena jika diawal-awal kuliah anda sudah mendapatkan nilai jelek anda akan sangat kesulitan untuk menaikkan IP disemester berikutnya. Mata kuliah inti dalam jurusan teknik informatika ini dibagi menjadi 3 yaitu mata kuliah dasar, mata kuliah konsentrasi, dan mata kuliah pilihan atau lanjutan.

Di mata kuliah dasar kamu akan mempelajari tentang pengantar teknologi informasi, algoritma dan pemrograman, struktur data, jaringan computer, organisasi computer, dan multimedia. Masing-masing dari mata kuliah tersebut sudah terfokus pada skill dan kebanyakan dari mata kuliah itu sudah langsung menjalankan praktikum.

Jika anda ingin menjadi seorang software developer yang ahli segala mata kuliah yang akan anda pelajari harus anda anggap penting tanpa terkecuali. Sebab seluruh mata kuliah yang telah diajarkan memiliki keterkaitan satu sama lain.

Tak terkecuali dengan struktur data. Karena saat anda mempelajari masalah tentang pemrograman akan segala bahasa yang digunakan didalamnya itu selalu didasarkan pada struktur data seperti misalnya, stack, tree, queue, list dan beberapa bahasa lainnya.

Adanya ilmu yang satu ini bertujuan agardapat lebih mudah mengimplementasikan  algoritma, dan tidak menjadi programmer amatir yang copas sampai akhir hidupnya. Setelah anda mengenal, mempelajari dan mengerti akan mata kuliah dasar pada jurusan teknik informatika.

Ini selanjutnya anda akan belajar tentang mata kuliah wajib yakni yang berisi tentang basis data, sistem operasi, sistem berkas, jaringan komputer, analisis serta desain berorientasi objeck, arsitektur komputer, grafika komputer (computer graphic).

Kemudian dilanjut dengan mata kuliah pemrograman bahasa x, pemrograman jaringan, pemrograman web, lalu user interface desain (interaksi manusia dan computer), dan yang terakhir rekayasa perangkat lunak bersama dengan metodenya.

Mata kuliah yang telah disebutkan tadi masing-masing kampus memiliki penekanannya masing-masing dengan materi yang dipakai tergantung dengan database yang dipakai. Ada database no SQL, kemudian ada database lanjut, enterprise database serta variasi mata kuliah lainnya tergantung dengan kampus yang anda pilih.

Setelah mata kuliah dasar, dan mata kuliah wajib sudah anda kantongi berikutnya yang akan anda pelajari di jurusan yang satu ini yakni mata kuliah lanjutan atau mata kuliah pilihan. Dimata kuliah ini anda akan mendapatkan mata kuliah teori bahasa dan otomata, data mining, cloud computing, cloud programing, kemudian mobile programing, keamanan jaringan, sistem terdistribusi, kecerdasan buatan.

Lalu kemudian ada mata kuliah kecerdasan buatan, machine learning, system pakar, mekantronika atau robotika, semantic web, biometric, computer vision dan kriptografi. Dimata kuliah lanjutan ini terdapat materi-materi yang sangat kompleks.

Disini anda dituntut untuk sudah menguasai mata kuliah yang berhubungan dengan matematika dan science. Ada beberapa kampus IT yang ada di Indonesia dan di luar negeri yang dapat anda jadikan sebagai referensi perbandingkan setiap konsentrasi yang terdapat dalam masing-masing kampusnya.

Yakni, ITS Surabaya, STMIK AKAKOM, TUM German, SRM University dan MIT Amerika. Untuk anda yang benar-benar tertarik dengan jurusan yang satu ini dan kuliah dengan bagaimana selayaknya mahasiswa jurusan teknik informatika.

Maka diyakini anda akan menjadi lulusan teknik informatika yang berkualitas. Namun jika anda hanya menginginkan lulus dan menjadi programmer web atau pun android mungkin kursus komputer akan lebih mudah bagi anda. sekian, semoga bermanfaat bagi anda.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.