Pendidikan Sandiaga Uno dan Perjalanan Karirnya

Posted on

Pada artikel ini, saya akan menginformasikan sejarah pendidikan Sandiaga Uno serta perjalanan karirnya dari beliau masih sekolah hingga sukses seperti saat ini. Sandiaga Salahuddin Uno atau yang juga sering dipanggil sebagai Sandiaga Uno merupakan seorang pria yang lahir di lahir di Pekanbaru, Riau tanggal 28 Juni 1969. Sandiaga Uno kini telah berusia 49 tahun. Sandiaga lebih dikenal sebagai seseorang yang enterpreneur karena memang perjalanan karirnya tidak jauh dari dunia tersebut.

Sandiaga Uno memiliki istri yang bernama Nur Asia dan telah dikaruniai tiga orang anak bernama Anneesha Atheera Uno, Amyra Atheefa Uno, dan Sulaiman Saladdin Uno. Ayah Sandiaga bernama Razif Halik Uno sedangkan ibunya bernama Rachmini Rachman Uno. Kini beliau mencalonkan diri sebagai salah satu calon Presiden Republik Indonesia untuk periode 2019-2024 mendampingi Prabowo Subianto. Sandiaga Uno juga menjabat sebagai pengurus partai Gerindra dan pernah menjadi wakil gubernur DKI Jakarta periode 2017-2020 namun harus mengundurkan diri di tengah jalan.

Lalu Bagaimana dengan Pendidikan Sandiaga Uno dan Karirnya Selama ini?

Menurut berbagai sumber yang saya dapatkan dari beberapa website, Sandiaga Salahuddin Uno pernah pindah ke Jakarta sekitar  tahun 1970-an. Semasa sekolah Sandiaga Uno menempuh pendidikan Sekolah Dasar di SD PSKD, Sekolah Menengah Pertama di  SMPN Jakarta dan Sekolah Menengah Atas di SMA Katolik Jakarta. Setelah 12 tahun sekolah di tanah air, Sandiaga Uno memutuskan untuk berkuliah di luar negeri, tepatnya di Amerika Serikat.

Pendidikan Sandiaga Uno terus berlanjut di Wichita State University, Amerika Serikat dan lulus tahun 1990 dengan predikat summa cum laude. Setelah lulus, Sandi langsung bekerja sebagai karyawan Bank Summa pada tahun 1990. Di Bank tersebut, beliau bertemu dengan seorang konglomerat yang tidak bukan adalah bosnya sendiri di Bank Summa, yaitu William Soeryadjaya. Kemudian  pada tahun 1991, beliau mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Universitas George Washington, Amerika Serikat. Prestasinya selama di perguruan tinggi tersebut juga semakin meningkat. Tercatat, beliau tercatat mampu lulus dengan indeks prestasi kumulatif cum laude 4.00.

baja juga :

Seusai menempuh pendidikan tinggi di Universitas George Washington, Amerika Serikat Sandiaga Salahuddin Uno bergabung dengan Seapower Asia Investment Limited di Singapura sebagai manajer investasi di tahun 1993. Setahun kemudian, beliau pindah kerja ke Perusahaan MP Holding Limited Group dan pada tahun 1995 pindah lagi ke NTI Resources Ltd di Kanada dan menjabat sebagai Executive Vice President NTI Resources Ltd. Tak tanggung-tanggung, penghasilannya mencapai 8.000 dollar AS per bulannya.

Akan tetapi karirnya semakin meredup ketika krisis moneter mulai terjadi sejak akhir 1997. Karena krisis tersebut, menyebabkan perusahaan tempat beliau bekerja menjadi gulung tikar. Alhasil, Sandi pun tak dapat lagi meneruskan pekerjaannya. Beliau pun kembali ke tanah air dengan status tanpa memiliki pekerjaan apa-apa. Sandi pun mencoba kembali mendapatkan pekerjaan di Indonesia, namun tak ada satu perusahaan pun yang ingin menggunakan tenaga ataupun pemikiran beliau. Sulit mendapatkan pekerjaan, akhirnya membuat Sandi Uno memulai membuka usaha konsultan keuangan.

Berkat kerja keras beliau, akhirnya di tahun 1997 berhasil mendirikan perusahaan penasihat keuangan, PT Recapital Advisors. Perusahaan ini beliau bangun dari nol bersama teman SMA-nya, Rosan Perkasa Roeslani. Kesusksesan Sandi membangun sebuah perusahaan tidak terlepas dari bimbingan mentornya yang bernama William Soeryadjaya. Jelang satu setengah tahun kemudian, Sandiaga Uno bertemu dengan Edwin Soeryadjaya yang merupakan putra dari William Soeryadjaya, pendiri PT. Astra Internasional. Pada saat itu Edwin mengalami kesulitan keuangan dan Sandi Uno mendapatkan penawaran untuk membangun sebuah usaha yang berbasis investasi. Berawal dari hal tersebut, akhirnya Sandiaga Uno dan Edwin Soeryadjaya mendirikan perusahaan investasi bernama PT Saratoga Investama Sedaya. Perusahaan tersebut bergerak di bidang pertambangan, telekomunikasi, dan produk kehutanan.

Beruntung, Sandi Uno memiliki jaringan yang baik dengan perusahaan, dan juga lembaga keuangan dalam negeri maupun luar negeri. Karena itu, beliau bisa sukses menjalankan bisnis tersebut. Adapun mekanisme dari kinerja perusahaan tersebut yakni menghimpun modal para investor guna mengakuisisi perusahaan-perusahaan yang mengalami masalah keuangan. Perusahaan yang mengalami krisis tersebut kemudian dibenahi dan juga dikembangkan. Setelah semuanya kembali normal, aset perusahaan tersebut dijual kembali dengan nilai yang lebih tinggi. Bahkan hingga tahun 2009, Perusahaan yang didirikan oleh Sandiaga Uno telah berhasil mengambil alih 12 perusahaan dan beberapa perusahaan yang dijual kembali antara lain PT Astra Microtronics, PT Dipasena Citra Darmaja, dan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN).

Selama 3 tahun, tepatnya dari 2005 hingga 2008, beliau pernah menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Berkat kepemimpinan beliau, banyak sekali pengusaha yang ingin bergabung bersama HIPMI dan jumlahnya pun semakin meningkat, dari 25.000 orang menjadi 35.000 orang. Tak hanya itu saja, Sandi Uno juga pernah  menjadi Ketua Komite Tetap Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kamar Dagang dan Industri sejak tahun 2004.

Dengan total aset perusahaan buang mencapai 80 juta dollar AS pada tahun 2007 membuat Sandiaga Uno dinobatkan dan masuk ke dalam salah satu daftar 122 orang terkaya versi majalah Asia Globe. Tak hanya itu saja, Sandiaga Uno juga mencatatkan rekor sebagai orang terkaya ke 63 di Indonesia dengan total aset 245 juta dollar AS pada tahun 2008. Bahkan, majalah Forbes pernah menulis, jumlah harta kekayaan Sandi yang mencapai US$ 400 juta dan masuk dalam salah satu daftar 40 orang terkaya di Indonesia dan menduduki peringkat ke 29.

Siapapun bisa menjadi seperti beliau, dari artikel pendidikan Sandiaga Uno dan perjalanan karirnya tersebut memberikan pelajaran bagi kita semua bahwa kesusksesan bisa diraih jika diikuti dengan niat yang kuat dan juga kerja keras nan cerdas seperti Sandiaga Uno.

Loading...

2 thoughts on “Pendidikan Sandiaga Uno dan Perjalanan Karirnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.