6 Cara Dapat Penghasilan di Instagram Untuk Anak Muda

Posted on

Bukan hanya sekedar media sosial berbagi foto, Instagram juga bisa jadi lahan bisnis. Yap, ada banyak sekali cara dapat penghasilan di Instagram yang layak untuk kamu coba. Bahkan di Indonesia, ide ini sangatlah menggiurkan mengingat hingga tahun 2017 saja, pengguna Instagram di Tanah Air sudah menembus 45 juta orang, seperti dilansir CNN Indonesia.

Di awal kemunculannya, Instagram sejatinya adalah platform berbagai foto atau video sehari-hari. Biasanya momen-momen penting bersama sahabat atau pacar menjadi hal-hal yang kerap dibagikan ke Instagram. Namun dalam perkembangannya, Instagram juga bisa menjadi wadah untuk menunjukan eksistensi serta kepribadianmu melalui konten yang diunggah.

Penghasilan Instagram

Jika kamu cukup beruntung dan memiliki pengikut yang berjumlah ratusan hingga ribuan, tentu wajib melirik cara dapat penghasilan di Instagram. Bukan tak mungkin kebiasaanmu memposting foto pemandangan, foto makanan atau kisah kucing kesayangan bisa menjadikanmu meraup pendapatan fantastis. Seperti apa sih bisa kaya raya lewat Instagram? Simak ulasannya berikut ini!

1. Dapat Penghasilan dengan Jualan Produk

Berdagang adalah salah satu profesi yang menjanjikan di belahan dunia manapun. Dan kalau menurutmu untuk bisa berjualan haruslah punya toko terlebih dulu, maka sekarang tidak lagi. Dengan kemajuan teknologi, kamu bisa memanfaatkan Instagram sebagai media promosi yang bahkan jauh lebih efektif daripada memiliki toko di pinggir jalan sekalipun.

Jualan Produk

Perhatikan betul pangsa pasar anak muda entah produk fashion seperti sepatu, tas, hoodie hingga jilbab atau produk makanan/minuman yang viral. Unggah foto produk yang ingin dijual dengan kualitas terbaik karena itulah cara dapat penghasilan di Instagram yang tepat. Sertakan narahubung dengan jelas di bagian profil agar toko online-mu di Instagram bisa berjalan maksimal.

2. Jualan Foto Melalui Instagram

Sebagai media sosial tempat berbagi foto dan video, Instagram adalah tempat sempurna bagi para penghobi fotografi. Jadikan hobimu itu bukan sekedar mengisi waktu, tapi juga menghasilkan pundi-pundi rupiah lewat Instagram. Caranya mudah, potret obyek sebaik mungkin dan kemudian unggah di Instagram sambil menyertakan watermark identitasmu.

Bukan tak mungkin nanti akan ada orang yang tertarik dengan hasil potretmu dan bahkan membelinya. Untuk itulah kamu yang memang hobi fotografi, selalu belajar mengenai cara memotret yang bagus dan bermakna. Karena seperti yang banyak diketahui, sebuah foto yang sempurna mampu bercerita melebihi kata-kata.

3. Jualan Jasa Online

Tidak berbakat jualan produk atau foto? Tenang saja, cara dapat penghasilan di Instagram lainnya adalah berjualan jasa. Jangan remehkan penyedia jasa online, karena perkembangan internet membuat bidang ini tinggi peminat. Beberapa jasa yang laris-manis di Instagram seperti jasa pembuatan desain, pembuatan website, pembuatan artikel, interior hingga penerjemah.

Kalau memang kamu termasuk yang memiliki keahlian di salah satu bidang tersebut, jangan lewatkan kesempatan. Tulis deskripsi singkat mengenai jasa yang hendak ditawarkan pada bagian profil akun Instagrammu. Lengkapi dengan website/blog pribadi, email dan nomor WA agar kamu lebih memberikan kesan profesional dan bertanggung jawab.

4. Menambah Penghasilan dengan Menjadi Buzzer

Memiliki lebih dari 100 ribu pengikut di Instagram? Maka kamu bisa memanfaatkan cara dapat penghasilan di Instagram dengan menjadi buzzer. Bagi pemilik bisnis, buzzer adalah sosok yang penting karena melalui merekalah, produk bisa dikenal oleh masyarakat luas. Sebagai buzzer, kamu akan memperoleh bayaran jika bersedia mempromosikan produk di Instagram.

Jangan remehkan kekuatan buzzer, karena mereka bisa membuat menciptakan branding awarness yang sangat kuat. Biasanya produk-produk yang baru dirilis memanfaatkan tenaga buzzer untuk dikenalkan ke masyarakat. Agar bisa jadi buzzer yang dipercaya, kamu harus punya pengikut aktif dan berpengaruh.

5. Jadi Endorser di Instagram

Setingkat di atas buzzer, cara dapat penghasilan di Instagram berikutnya adalah dengan jadi endorser. Kebanyakan mereka yang ada di tahapan ini biasanya punya status sebagai selebgram seperti Awkarin, Anya Geraldine, Rachel Vanya hingga Younglex. Sebagai endorser, mereka bisa memperoleh produk gratis dan wajib memposting foto diri dengan produk itu.

Endorser di Instagram

Kalangan selebritis yang notabene punya pengikut belasan juta orang semacam Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Gisella Anastasia, Syahrini hingga Ayu Ting Ting biasanya memiliki tarif endorse hingga jutaan rupiah hanya dengan memposting satu produk. Untuk bisa di tahapan endorser, kamu harus punya jutaan pengikut aktif terlebih dulu agar pengiklan bersedia ‘menggunakan’ dirimu.

6. Buka Jastip atau Jasa penitipan

Hobi belanja atau hobi travelling ke negara lain? Maka kamu bisa memanfaatkannya sebagai ladang memperoleh rupiah. Bagaimana caranya? Dengan membuka jasa penitipan (jastip) beli barang. Misalkan saja kamu sedang liburan ke Seoul, lalu melihat ada banyak masker-masker wajah dan kosmetik Korea, kamu bisa menawarkan jastip ke para pengikutmu.

Pasang harga produk tersebut dan kenakan biaya tambahan sebagai harga jastip ke orang yang berminat. Kamu bisa meminta DP terlebih dahulu atau langsung pelunasan, asalkan kamu bertanggung jawab. Tak sedikit para pelaku jastip yang kebanyakan perempuan ini bisa jalan-jalan ke luar negeri berkat keuntungannya membuka jastip.

Untuk menjadi seorang jastip yang sukses, kamu harus benar-benar disiplin dan bisa dipercaya. Tanamkan betul rasa tanggung jawab dan janji yang tepat agar orang-orang tak kecewa dan makin sering menggunakan jastip yang kamu tawarkan.

Dari enam ulasan di atas, terbukti bukan bahwa memperoleh penghasilan dari Instagram bukan hal mustahil lagi? Kamu bisa memilih salah satu di antaranya yang paling sesuai dan cocok dengan akunmu. Pastikan kalau akunmu tidak dikunci agar bisa menerapkan cara dapat penghasilan di Instagram secara efektif dan efisien.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.