Manjur, Inilah Cara Dapat Penghasilan di Pinterest Yang Efektif

Posted on

Diperkenalkan ke penduduk dunia pada tahun 2010, perlahan tapi pasti Pinterest mulai menarik perhatian. Tak heran kalau cara dapat penghasilan di Pinterest makin diminati terutama di kalangan muda. Dipandang sebagai media sosial berbagi foto yang lebih classy daripada Instagram, para pengguna Pinterest bisa menyimpan koleksi foto momen (pin) di dalam papan virtual.

Berbeda dengan Instagram, Pinterest memilah pin dalam berbagai kategori pada papan virtual misalkan gaya hidup, desain, dekorasi, kesehatan hingga masakan. Tidak cuma berisi pin yang kamu unggah sendiri, kamu juga bisa memakai foto Pin milik pengguna lain. Karena jauh lebih kompleks, memahami cara dapat penghasilan di Pinterest juga harus dilakukan secara teliti.

Sebagai media sosial dengan mayoritas pengguna adalah perempuan, Pinterest sebetulnya bisa menjadi lahan bisnis yang menggiurkan. Agar kamu tidak keliru, yuk pelajari cara dapat penghasilan di Pinterest secara efektif dan efisien berikut ini.

Cari Tahu Terlebih dahulu Minatmu

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Pinterest adalah platform berbagi foto dengan tampilannya sesuai kategori-kategori yang ada. Untuk itu kamu harus tahu dulu minatmu agar bisa memiliki pengikut setia. Misalkan saja kamu pecinta makanan vegetarian, maka unggah berbagai pin menu khusus pecinta sayur pada papan virtualmu.

Jika kamu cukup konsisten, pinners (pengguna Pinterest) akan tertarik. Saat pengikut sudah banyak, kamu bisa mulai untuk memposting produk pada papan virtual sesuai dengan pemasaran afiliasi yang sudah kamu pilih. Kamu juga bisa mengarahkan pengguna ke website pribadi yang berisi produk entah makanan atau minuman khusus vegetarian nantinya.

Bekerjasama dengan Perusahaan Tertentu

Salah satu cara dapat penghasilan di Pinterest yang begitu menarik adalah bisa bekerjasama dengan perusahaan tertentu. Misalkan saja contoh lain adalah kamu pecinta hiking, maka kamu bisa mendekati perusahaan yang menjual perlengkapan outdoor hingga minuman olahraga. Agar perusahaan tersebut makin mantap, sediakan pula statistik akun Pinterestmu.

Pengguna Pinterest dengan jumlah pengikut yang besar biasanya tak segan mengajak kerjasama dengan perusahaan yang sesuai dengan minatnya. Salah satu kesepakatan yang biasa dilakukan adalah perusahaan bebas mengenalkan merk produk mereka pada akunmu selama setahun. Dengan keuntungan sponsorship yang tak main-main, tentu sangat menggiurkan, bukan?

Manfaatkan Link Afiliasi

Jangan remehkan kemampuan Pinterest dalam segi pemasaran. Karena rupanya ada banyak sekali perusahaan yang mengajukan afiliasi dengan pengguna Pinterest. Dengan konsep ini, perusahaan bisa mempromosikan produk pada papan buletinmu menggunakan link afiliasimu.

Agar bisa menggunakan cara dapat penghasilan di Pinterest ini, kamu harus pakai layanan pemendek URL seperti Bit.ly. Dengan layanan persingkat URL ini, kamu bisa mengelola link afiliasi sekaligus melacak jumlah klik, pin dan papan virtual. Hanya saja kamu jangan sampai melakukan spamming karena Pinterest akan menindak tegas para spammer afiliasi.

Pelajari Strategi SEO

Agar kamu bisa meraup pundi-pundi rupiah dari Pinterest, kamu harus bisa memastikan kalau pin dan papan virtualmu dibaca oleh pengguna internet. Bagaimana agar bisa memiliki peluang tinggi terbaca dan dikunjungi? Kamu harus mempelajari SEO alias Search Engine Optimizer. Dengan SEO, kemungkinan pengguna internet melihat papan virtualmu makin besar.

Dengan mempelajari SEO secara tepat, maka kamu akan tahu seperti apa sistem Google bekerja dalam mencari informasi. Sama halnya seperti menulis artikel yang ingin terbaca SEO, untuk Pinterest kamu bisa memanfaatkan menu profil sebagai tempat peletakan kata kunci. Dalam profil ada opsi ABOUT yang terdiri dari 50 kata alias 200 karakter sehingga bisa kamu bubuhkan kata kunci.

Bukan hanya dalam menu profil, setiap kali kamu mengunggah pin, jangan lupa untuk sematkan kata kunci pada bagian deskripsi. Dengan kata kunci yang tepat, papan virtualmu jelas akan terbaca oleh Google sehingga dikunjungi. Hanya satu hal yang wajib kamu ingat adalah untuk meletakkan kata kunci secara aliami karena jika ngotot spam bisa diganjar hukuman oleh Pinterest.

Lakukan Kontes Hingga Re-pin

Promosi termudah agar akun Pinterestmu makin diminati adalah dengan membuat kontes sederhana. Hal ini bisa dilakukan jika kamu ingin menjual produkmu sendiri. Kendati begitu, tata cara kontes juga harus mengikuti aturan Pinterest karena media sosial ini benar-benar menjaga sisi ekslusifitas dan ketenangan di kalangan pengguna.

Hal berikutnya yang bisa jadi cara dapat penghasilan di Pinterest cukup efektif adalah dengan mengulang pin alias re-pin. Re-pin ini adalah langkah cerdas untuk membuat orang kembali ke papan virtualmu karena mereka akan melihat pin momenmu lagi.

Tautkan ke Medsos Lain

Ini adalah langkah termudah agar akun Pinterestmu makin dikenal dan akhirnya mampu menghasilkan uang. Seperti lazimnya anak muda, media sosial yang dimiliki jelas bukan hanya satu saja. Apalagi jika kamu termasuk kalangan hits entah di Facebook, Instagram atau Twitter, coba tautkan ke akun Pinterest yang dimiliki.

Bahkan jika kamu mengelola sebuah website pribadi yang berbicara mengenai hobi, jangan ragu untuk menyematkan akun Pinterest pula. Dengan begitu pengguna internet jelas memiliki kebebasan untuk menjelajahi papan virtualmu. Nantinya langkah ini akan mampu memberikan peluang penghasilan entah lewat sponsorship atau link afilitasi.

Melihat enam hal yang bisa dicoba untuk meraup uang dari Pinterest memang sangat mengasyikkan. Untuk itulah bagi kamu yang mungin sudah jenuh di Instagram, Facebook atau Twitter bisa mencoba peruntungan di Pinterest. Dengan memanfaatkan cara dapat penghasilan di Pinterest secara tepat, bukan tak mungkin pundi-pundi rupiah bisa masuk ke rekening secara cepat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.