Peraturan Pemerintah Yang Melindungi Guru (Pasal 39 Ayat 1)

Posted on

Dunia pendidikan saat ini tercoreng akibat ulah oknum orang tua siswa yang biasanya tidak terima karena anaknya mendapat hukuman dari gurunya, bahkan tak jarang orang tuanya pun juga ikut campur.

Apalagi saat ini sudah banyak beredar video kekerasan terhadap guru yang tentunya akan mempengaruhi psikologis anak dan orang yang menontonnya. Akibat dari video yang biasanya viral di sosmed, tak heran jika ada anak-anak sekolah yang sudah mulai kurang ajar terhadap gurunya lantaran si anak merasa dilindungi oleh orang tuanya.

Dulu kami jika mengadu ke orang tua karena mendapat hukuman dari guru malah kami yang kena pukul dari orang tua kami. Karena orang tua dulu menganggap bahwa guru merupakan orang tua ke 2 kami saat berapa di sekolah. Nah sekarang jamannya sudah berbalik, justru banyak yang tidak terima jika anaknya mendapat pendisiplinan.

Pertanyaannya Bagaimana Dalam Kacamata Hukum Pidana Guru, Apakah ada Peraturan Pemerintah Yang Melindungi Guru ?

Jawabannya :

Guru juga tak bisa dipidana karena mendisiplinkan siswa. Adapun peraturan yang melindungi guru adalah PP nomor 74 tahun 2008. setelah anda membaca postingan ini, Tolong sebarkan informasi ini ke rekan guru lainnya.

Berikut bunyi pasal ayat tentang perlindungan guru yaitu pasal 39 ayat 1 :

“Guru memiliki kebebasan memberikan sanksi kepada peserta didiknya yang melanggar norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, peraturan tertulismaupun tidak tertulis yang ditetapkan guru, peraturan tingkat satuan pendidikan, dan peraturan perundang-undangan dalam proses pembelajaran yang berada di bawah kewenangannya,”

Dalam ayat 2 disebutkan, sanksi tersebut dapat berupa teguran dan/atau peringatan, baik lisan maupun tulisan, serta hukuman yang bersifat mendidik sesuai dengan kaedah pendidikan, kode etik guru, dan peraturan perundang-undangan.

“Guru berhak mendapat perlindungan dalam melaksanakan tugas dalam bentuk rasa aman dan jaminan keselamatan dari pemerintah, pemerintah daerah, satuan pendidikan, organisasi profesi guru, dan/atau masyarakat sesuai dengan kewenangan masing-masing,” papar Pasal 40.

Rasa aman dan jaminan keselamatan tersebut diperoleh guru melalui perlindungan hukum, profesi dan keselamatan dan kesehatan kerja.

“Guru berhak mendapatkan perlindungan hukum dari tindak kekerasan, ancaman, perlakuan diskriminatif, intimidasi, atau perlakuan tidak adil dari pihakpeserta didik, orang tua peserta didik, masyarakat, birokrasi, atau pihak lain,” tegas Pasal 41.

Referensi : http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/1637/peraturan-pemerintah-mengenai-perlindungan-guru

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.