Contoh Pidato Persuasif Tentang Pendidikan

Posted on

Kembali, kali ini saya akan memberikan contoh pidato Persuasif Tentang Pendidikan. Dalam menyampaikan pidato, kita tidak hanya memberikan materi-materi saja, melainkan juga mengajak kepada hadirin supaya mau mengikuti apa yang makna tersirat maupun tersurat yang ada pada Pidato tersebut. Inilah yang sering kita dengar dengan istilah “pidato persuasif”. Sebelumnya mengenai jenis pidato yang satu ini sudah sedikit saya singgung pada artikel sebelumnya, jadi saya tidak akan terlalu panjang lebar lagi dalam menjelaskannya.

Dalam menyampaikan sebuah pidato, ada beberapa metode yang bisa dilakukan. Pertama, metode inpromptu. Metode yang satu ini, tidak ada persiapan sama sekali sebelumnya, semua disampaikan secara spontan. Bahkan jika ada undangan mendadak sekalipun, pidato tetap bisa tersampaikan dengan baik walau tak ada persiapan khusus sebelumnya. Metode seperti ini tidak cocok diterapkan bagi orang-orang yang tidak terbiasa tampil spontan di depan umum.

Metode kedua yaitu memoriter. Metode ini seseorang akan menghafal terlebih dahulu teks pidato yang sudah dibuat sebelumnya. Jadi, sehari sebelum acara dimulai, ia terlebih dahulu membuat konsep pidato kemudian menuliskan teksnya dan menghafalkannya. Supaya lebih mudah menghapalkannya, biasanya seorang penyampai pidato hanya menghafalkan pokok ide dan gagasan-gagasannya saja.

baca juga :

Metode ketiga adalah naskah. Penerapan dari metode yang satu ini adalah seseorang membaca naskah pidato yang sudah dipersiapkan di hari-hari sebelumnya. Namun kesan bagi penyampai pidato dengan cara seperti ini memang terkesan kaku dan tidak ramah kepada penonton karena terlalu sering melihat teks daripada audiens. Akan tetapi, semua itu bisa diakali dengan sering melihat ke arah khalayak di sela-sela pembacaan teks pidato.

Dan yang terakhir ada ekstemporan. Metode ini dilakukan dengan menyiapkan poin-poin penting dari tema pidato yang ingin disampaikan. Jika kamu ingin menerapkan cara ini ketika berpidato maka harus pintar mengembangkan tiap-tiap poin yang telah disiapkan sebelumnya. Jika tidak, maka terkesan kaku dan kurang persiapan. Cara ini dinilai paling sulit daripada metode yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Contoh Pidato Persuasif Tentang Pendidikan

Berikut ini salah satu contoh dari pidato Persuasif, terutama yang bertemakan tentang pendidikan :

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Marilah kita panjatkan puji dan rasa syukur kita kehadirat Allah SWT, berkat Rahmat dan. karunia-Nya yang sudah diberikan kepada kita, sehingga mampu untuk berkumpul pada pagi hari ini dalam keadaan sehat wal’afiat,  tanpa kekurangan sedikit pun.

Tidak lupa sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada Junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang telah mengubah zaman jahiliah ke zaman yang terang benderang. Semoga di hari akhir kelak, kita bisa mendapatkan syafaat dari beliau. Aamiin ya rabbal ‘Alamin

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada panitia yang telah memberikan saya kesempatan untuk hadir di tempat ini guna menyampaikan pidato dengan tema “pendidikan karakter”. Diharapkan, setelah mendengar pidato singkat yang akan saya sampaikan nanti, para generasi muda memiliki visi besar dalam membangun bangsa ini. Saya juga berharap, semoga apa yang saya sampaikan memberikan manfaat kepada siapapun yang hadir di tempat ini.

Hadirin yang saya hormati,

Bangsa kita tengah dilanda masalah yang sangat serius, yakni turunnya moral di kalangan remaja. Bahkan moral orang-orang Indonesia sudah dianggap sangat bobrok dan sungguh sangat keterlaluan. Banyak dari para remaja yang sudah terpengaruh hidup hedonis dan konsumtif, kebarat-baratan, dan tidak sesuai dengan norma agama dan nilai-nilai baik yang berlaku di masyarakat. Persoalan tersebut diperkuat oleh bukti dari data yang telah disampaikan oleh beberapa lembaga. Ada salah satu lembaga independen yang membeberkan fakta mencengangkan, yakni sekitar 65% remaja saat ini sudah pernah melakukan hubungan bukan dengan muhrimnya. Bahkan yang lebih parah lagi, hubungan sesama jenis kini sudah menjadi hal biasa di negeri ini.

Tak hanya itu, moral bobrok remaja tidak hanya itu saja, ada yang lebih berbahaya lagi. Apa itu? Tentang narkoba yang sudah dalam keadaan yang sangat memprihatikan. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) menyatakan bahwa pengguna narkoba dari golongan remaja mencapai 79% pada tahun 2015. Padahal di tahun sebelumnya, masih sekitar 59%. Bahkan penelitian juga menyatakan bahwa setiap 7 menit ada korban yang meninggal dunia diakibatkan adanya penyalahgunaan narkoba.

Hadirin yang saya hormati..

Melihat data tersebut memang sangat memprihatikan dan membuat kita jadi geleng-geleng kepala. Jika remaja saja kelakuannya sudah seperti itu, bagaimana kelak mereka jika sudah dewasa? Lantas, dimanakah peran pendidikan orang tua, guru, dan juga sekolah? Bagaimana bisa para remaja dapat terjerumus ke dalam kehidupan yang tidak sesuai dengan norma dan niIai yang berlaku di masyarakat?

Mungkin salah satu penyebabnya, yaitu para pemuda atau remaja yang kini telah kehilangan karakternya yang baik. Sudah jarang sekali, pendidikan karakter yang mereka dapatkan, baik itu di sekolah maupun di rumah. Sekolah hanya mengejar target siswa mendapatkan nilai yang tinggi, bukan mendidik anak agar memiliki karakter yang baik dan mulia.

Sebenarnya jika kita mau mencontoh, bisa meniru negara Jepang dalam sistem pendidikan kita. Di sana, siswa kelas 1-3 SD tidak langsung diajarkan ilmu pengetahuan tetapi dibekali dengan pendidikan karakter terlebih dahulu. Jika di Jepang, pasti kamu sangat heran melihat orang-orang Jepang yang begitu ramah dan sopan kepada orang lain. Nah dari hal itulah kita bisa belajar untuk merubah karakter penerus bangsa agar lebih baik lagi

Demikanlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan dan mohon maaf apabila ada perkataan yang salah dan tidak berkenan di hati. Terima kasih atas perhatian hadirin,

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Itulah contoh pidato Persuasif Tentang Pendidikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.