Penjelasan Pidato Persuasif Beserta Contohnya

Posted on

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan contoh pidato Persuasif berbahasa Indonesia. Namun sebelum itu, sebaiknya kamu harus tau terlebih dahulu mengenai pengertian, tujuan, dan struktur teks pidato persuasif. Pidato adalah suatu kegiatan berbicara di depan umum guna mengutarakan pendapat, memberikan gagasan terhadap suatu hal, serta mengajak kepada banyak orang untuk melakukan sesuatu.

Pidato Persuasif menjadi salah satu jenis pidato yang sering disampaikan dalam berbagai kegiatan. Pidato yang satu ini bertujuan untuk menarik perhatian, mempengaruhi, dan membujuk audiens atau pendengar  yang hadir supaya bersedia melakukan sesuatu sesuai apa yang telah dibicarakan saat pidato sedang berlangsung. Lalu bagaimanakah dengan struktur teksnya?

Struktur Teks Pidato Persuasif

Sejatinya antara pidato Persuasif dengan pidato lainnya tidak ada perbedaan dari segi struktur, semuanya sama yaitu meliputi : salam pembuka, pendahuluan yang berisikan gambaran dari isi pidato secara singkat, isi pidato yang berisikan pokok-pokok materi pidato, dan ditutup dengan kesimpulan dan harapan yang menjadi tujuan dari pidato tersebut.

baca juga :

Contoh Pidato Persuasif

Setelah membahas pengertian dan strukturnya, tidak lengkap rasanya jika saya tidak memberikan salah satu contoh pidato persuasif.  Berikut ini adalah contohnya :

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Sebelum saya menyampaikan pidato, seyogyanya kita memanjatkan puja dan puji syukur kita kepada Tuhan yang Maha Esa karena limpahan, Rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang baik ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Tidak lupa sholawat dan salam semoga selalu terhaturkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. Semoga di hari akhir kelak kita bisa mendapatkan syafaat dari beliau. Aamiin ya rabbal ‘Alamin.

Yang saya hormati Pembina…

Yang saya hormati Ketua panitia…. beserta wakilnya.

Yang saya hormati hadirin yang berbahagia

Sebelumnya, kembali saya mengucap terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada seluruh panitia yang telah maksimal mempersiapkan acara yang megah ini dengan sebaik mungkin. Adapun tema pidato yang ingin saya kali ini yaitu mengenai “Menjadi Wirausahawan yang Sukses”

Jika anda bertanya apakah menjadi seorang pengusaha bisa meraih kesuksesan? Jawabannya tentu sangat bisa. Tetapi tentunya kesuksesan tersebut tidak digapai dalam waktu singkat, butuh perjuangan yang ekstra keras. Marilah kita belajar dari para pengusaha tersebut yang bekerja merasa membangun usaha mereka dari titik terendah.

Bahkan banyak dari mereka yang hanya lulusan SMP ataupun SMA. Selain itu tak semua dari pengusaha tersebut berasal dari keluarga yang berbeda, bahkan ada dari merek yang berasal dari keluarga yang tidak mampu. Meskipun begitu, mereka tetap memiliki harapan, impian, dan semangat yang tinggi untuk meraih itu semua.

Tingginya pendidikan anda, banyaknya gelar yang tertulis di belakang nama anda, tidak akan menjadi kita langsung menjadi orang sukses, mendapat pekerjaan layak dengan gaji besar, dan karir yang menanjak. Semua gelar yang anda miliki terasa sia-sia jika tidak diikuti dengan semangat dan etos kerja yang kuat. Bila anda mempunyai mimpi, bangun dari tidur anda dan segeralah mewujudkan semua impian tersebut.

Di masa sekarang, sudah banyak pengusaha yang telah berhasil mempekerjakan orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan buang kuah lebih tinggi. Hal tersebut membuktikan kepada kita semua bahwa, tingginya Pendidikan tidak menjamin bahwa seseorang bisa jauh lebih sukses daripada seseorang yang berpendidikan rendah. Jadi, setiap insan mempunyai kesempatan yang selebar-selebarnya untuk mewujudkan mimpi. Apalagi, sebagai generasi muda tentunya kesempatan untuk menggapai cita-cita.

Sebagai generasi muda, sudah seharusnya mempunyai cara berpikir yang lebih visioner. Dalam arti kata, mampu untuk melihat peluang di masa yang akan datang dan bisa memanfaatkan peluang tersebut.  Namun anda jangan salah paham terlebih dahulu, bukan berarti saya melarang anda untuk menempuh pendidikan yang setinggi-tingginya. Akan tetapi di era pasar global seperti ini, tentu jauh lebih baik apabila anda memiliki kemampuan berwirausaha dengan baik sehingga baja mengangkat perekonomian tanah air kita, Indonesia menjadi jauh lebih baik lagi.

Para kaula muda yang kini sedang mencari fannemtik jati dirinya,  sudah seharusnya mempunyai sudut pandang yang lebih baik tentang kehidupan. Lebih khusus, dalam membangun perekonomian keluarganya sendiri, apalagi jika mampu memajukan perekonomian bangsa, tentu jauh lebih baik lagi. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan pembekalan dan pelatihan berwirausaha sehingga nantinya dapat menumbuhkan benih-benih pemuda berjiwa enterpreneur.

Wirausahawan merupakan salah satu unsur pokok penunjang kehidupan dalam perekonomian bangsa. Ayo pemuda dan pemudi generasi bangsa janganlah diam teruslah bergerak, berpikir kreatif dan inovatif, serta jangan pernah ragu untuk mencoba. Gagal di awal adalah perkara biasa, anda masih bisa bangkit untuk menebus kegagalan tersebut menjadi suatu kesuksesan.

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Jangan pernah berpikir bahwa saya tidak bisa, tetapi yakinkan bahwa saya pasti bisa. Sebenarnya yang membatasi kemampuan kita adalah pikiran kita sendiri. Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling sempurna, dengan kemampuan berpikir yang tidak terbatas, namun justru kitalah yang sejatinya membatasi pemikiran-pemikiran tersebut. Kita harus mempunyai pengaruh yang baik bagi generasi-generasi selanjutnya di masa mendatang.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan pada acara seminar kali ini, sebagai penutup saya ingin menegaskan sekali lagi, kita harus menjadi pemuda yang selalu memupuk semangat untuk menjadi generasi wirausaha. Semoga apa yang telah saya sampaikan dan saya ungkapkan bermanfaat bagi anda semua,  terima kasih dan mohon maaf atas semua kesalahan.

Billahitaufiq wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Itulah contoh pidato Persuasif dan sedikit materinya, semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Loading...

One thought on “Penjelasan Pidato Persuasif Beserta Contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.