Akankah pekerjaan manusia tergantikan di era revolusi industri 4.0 ?

Posted on

Apa sih itu revolusi industri 4.0 ?

Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif. Istilah “Industrie 4.0” berasal dari sebuah proyek dalam strategi teknologi canggih pemerintah Jerman yang mengutamakan komputerisasi pabrik. (id.wikipedia.org)

Revolusi industri ini diawali di negara negara eropa, yang dimana mereka kondisi awalnya kekurangan tenaga kerja sehingga mereka berusaha mengakali ini dengan penggunaan teknologi.

Revolusi industri 4.0 (generasi keempat) ini ditandai dengan munculnya terobosan teknologi di sejumlah bidang, termasuk robotika, kecerdasan buatan, nanoteknologi, komputasi kuantum, bioteknologi, Internet of Things (IoT), pencetakan 3D, dan kendaraan otonom.

Sebelum memasuki Era Industri 4.0 yaitu ada Era ketiga industri, yakni munculnya komputer dan awal otomatisasi, ketika robot dan mesin mulai menggantikan pekerja manusia di lini perakitan tersebut.

Dan sekarang sudah memasuki Industri 4.0, dimana komputer dan otomatisasi akan bersatu dalam cara yang sama sekali baru, dengan robotik yang terhubung dari jarak jauh ke sistem komputer yang dilengkapi dengan algoritma pembelajaran mesin yang dapat mempelajari dan mengontrol robotika dengan sangat sedikit masukan dari operator manusia.

Memasuki era industri 4.0 memaksa manusia memasuki dua dunia, yaitu dunia riil dan dunia virtual. Internet of things yang merupakan ruh di era ini mengkondisikan manusia secara personal dan komunal sangat bergantung kepada dunia virtual, yang semakin hari semakin complicated dan smart.

Lalu apa dampaknya bagi pekerja Indonesia?

Ya, tentu saja akan Mempengaruhi Pekerja & SDM Indonesia. Jika Industri 4.0 sudah sepenuhnya berjalan di Indonesia maka tentunya angka pengangguran akan semakin tinggi atau bisa juga disebut dengan tsunami PHK, beberapa jenis pekerjaan akan hilang karena digantikan oleh robot atau otomatisasi, tapi juga akan tetap ada bidang pekerjaan yang tidak tergantikan oleh mesin di masa depan seperti tenaga ahli di bidang teknologi informasi, guru, dokter hingga arsitek.

Revolusi Industri 4.0 di Era Digital, Indonesia Siap?

Di Indonesia sendiri industri 4.0 sudah mulai terlihat beberapa kemajuan dan sebenarnya sudah mulai berjalan, sebagai contoh dengan hadirnya startup seperti Go-Jek, Go-Grab, Go-Food dan Go lainnya yang terbukti memudahkan masyarakat, karena bisa memesan transportasi ataupun makanan hanya lewat ponsel dalam genggamannya.

Selain itu adanya e-commerce seperti tokopedia, bukalapak, lazada dan masih banyak lainnya akan membuat seller, reseller, supplier, dropshiper tak perlu repot repot untuk lagi menyewa tempat untuk dijadikan lapak, cukup dengan membuat akun virtual di e-commerce tersebut mereka sudah bisa melakukan promosi, diskusi dan transaksi.

Jadi Industri 4.0 akan membuat manusia semakin mudah untuk melakukan aktivitasnya. Kata kunci untuk perubahan Revolusi Industri 4.0 adalah the near future. Bukan perubahan dalam waktu 50 tahunan, tapi hitungan bulanan. Jangan sampai kita tertinggal dari kata kunci itu.

Apakah anda sudah siap untuk masuk di era Revolusi Industri 4.0 ?

Loading...

One thought on “Akankah pekerjaan manusia tergantikan di era revolusi industri 4.0 ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.