Tugas dan Wewenang Lembaga Negara Menurut UUD 1945

Posted on

Indonesia merupakan Negara berkembang yang menganut sistem pemerintahan presidensil. Dimana indonesia dikuasai oleh seorang Kepala Negara yang disebut Presiden yang dipilih melalui pemilihan umum atau pemilu yang dilakukan selang waksu 5 tahun sekali.

Untuk menjangkau segala masalah-masalah yang timbul dalam masyarakatnya, serta menjalin hubungan dengan Negara lain untuk kemajuan dan perkembangan Negara Presiden dibantu oleh menteri-menteri yang diangkatnya serta kedudukan pemerintahan lainnya yang di termasuk dalam Lembaga Pemerintahan.

 

 

Lembaga Pemerintahan adalah lembaga-lembaga yang sengaja dibentuk dalam suatu Negara yang disesuaikan dengan berdasarkan undang-undang dasar, undang-undang dan atau oleh peraturan lainnya yang lebih rendah.

Lembaga pemerintahan sendiri dibagi menjadi beberapa bagian yang yakni lembaga legislatif yang menangani tentang pembuatan undang-undang. Lalu, lembaga eksekutif yakni lembaga yang menjalankan undang-undang yang telah disahkan, lembaga yudikatif dan terakhir ada lembaga eksaminatif, menangani akan hukum-hukum yang seharusnya berlaku di Indonesia.

Kemudian dilanjutkan dengan tugas dan wewenangnya sebagai pemimpin atau perwakilan rakyat dari daerahnya masing-masing. Tugas dan wewenang lembaga negara ini terinci lagi oleh anggota-anggotanya yang termasuk dalam lembaga pemerintahan tersebut. Yang pertama dari lembaga Legislatif terdapat,

MPR

Yakni Majelis Permusyawaratan Rakyat yang terdiri dari 560 Dewan Perwakilan Rakyat dan 136 Dewan Perwakilan Daerah yang dipilih melalui jalan pemilu. Yang memiliki tugas dan wewenang yakni,

  1. Mengubah serta menetapkan undang-undang dasar.
  2. Melantik Presiden serta Wakil Presiden yang terpilih.
  3. Memutuskan akan usul yang diberikan oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan didasarkan pada keputusan dari Mahkamah Agung untuk memberhentikan Presiden dan Wakil Presiden.
  4. Melantik Wakil Presiden menjadi Presiden apabila Presiden berhenti dari jabatannya.
  5. Memilih wakil Calon Presiden dari kedua calon yang telah diusulkan oleh Presiden ketika terjadi kekosongan jabatan Wakil Presiden.
  6. Memilih Presiden dan wakilnya apabila keduanya berhenti secara persamaan dari jabatannya yang telah diusulkan oleh Partai Politik.

Dewan Perwakilan Rakyat

Yang memiliki tugas serta wewenang untuk,

  1. Membuat undang-undang bersama Presiden dengan rancangan undang-undang yang telah dibuat oleh Presiden.
  2. Menerima dan membahas tentang rancangan undang-undang yang telah diajukan oleh Dewan Perwakilan Daerah.
  3. Menetapkan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) bersama dengan presiden dengan memperhatikan pertimbangan dari Dewan Perwakilan Daerah.
  4. Memilih anggota BPK dengan memperhatikan pertimbangan atau usulan dari DPD.
  5. Menerima hasil dari pemeriksaan keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK.

Tak hanya memiliki tugas serta wewenang, DPR juga memiliki haknya yaitu, interpelasi (mengajukan pertanyaan), angket 9 mencari dan meminta keterangan), menyatakan pendapatnya, prokoler, imunitas. Yang memiliki fungsi sebagai pengawas, anggaran, dan legislasi,

Dewan Perwakilan Daerah

Yang memiliki tugas dan wewenang,

  1. Mengajukan RUU kepada DPR yang bersangkutan dengan otonomi.
  2. Memberikan pertimbangan kepada DPR atas RUU.

Yang kedua yaitu lembaga eksekutif, didalamnya terdapat,

Presiden

Yakni kepala Negara dan Kepala Pemerintahan, tugas serta wewenangnya sebagai kepala pemerintahan sebagai berikut,

  1. Mengajukan RUU kepada DPR nya.
  2. Menetapkan peraturan kepemerintahan.
  3. Mengangkat serta memberhentikan para menteri.
  4. Membuat UU bersama dengan DPR.
  5. Mengajukan RUU APBN.

Sedangkan sebagai kepala negara presiden memiliki tugas dan wewenang,

  1. Memegang kekuasaan atas angkatan darat, laut dan udara.
  2. Menyatakan akan bahaya.
  3. Menyatakan perang, damai dan perjanjian dengan Negara lain berdasarkan persetujuan dari DPR.
  4. Memberikan grasi serta rehabilitasi dengan pertimbangan dari Mahkamah agung.
  5. Memberikan amnesti dan abolisi atas pertimbangan dari DPR.

Wakil Presiden

Yang memiliki tugas dan wewenang membantu Presiden melaksanakan tugas dan kewajibannya, mewakili presiden ketika Presiden mendelegasikan hal-hal kepadanya, menggantikan presiden jika presiden berhenti dari jaatannya.

Lembaga Yudikatif

Untuk lembaga yudikatif terdiri dari 3, yaitu :

  1. Mahkamah Agung yang memiliki tugas serta wewenang untuk mengadili pada tingkat kasasi, menguji peraturan perundang-undangan di bawah UU. Memilih 3 orang hakim konstitusi untuk mahkamah konstitusi, memberikan pertimbangan atas grasi serta rehabilitasi kepada presiden.
  2. Mahkamah Konstitusi, ada 9 orang sebagai anggota yang dipilih oleh MA, DPR dan presiden. MK merupakan lembaga yudikatif yang setara dengan MA dalam lingkup kehakiman. Yang memiliki tugas dan wewenang menguji UU terhadap UUD, memutuskan pembubaran parpol, memutus perselisihan hasil pemilu.
  3. Komisi Yudisial, yakni lembaga pemerintahan Negara yang diangkat dan diberhentikan oleh presiden dengan persetujuan yang diberikan dari DPR, yang bertugas mengusulkan pengangkatan hakim agung, menjaga serta menagakan kehormatan dan perilaku hakim dan menetapkan kode etik hakim bersama MA.

Lembaga Eksaminatif

Lembaga Eksaminatif merupakan suatu lembaga Pemerintah yang mengatur masalah keuangan, adapun lembaga eksaminatif yaitu BPK (Badan Pengelola Keuangan) dan lembaga yang dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan mendapatkan persetujuan dari Dewan Perwakilan Daerah yang diresmikan oleh Presiden.

9 orang anggota BPK yang bertugas memeriksa serta mengelola keuangan Negara dan memberikan hasil dari pemeriksaan tersebut kepada dewan perwakilan rakyat/ dewan perwakilan akyat daerah/ dewan perwakilan daerah.

Dengan adanya pembentukan lembaga pemerintahan Negara ini diharapkan masing-masing anggota yang berkedudukan didalamnya dapat menunaikan tugas dan wewenang lembaga Negara-nya sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan agar pemerintahan bisa berjalan dengan baik.

Dan segala permasalahan Negara dapat diatasi dan di perbaiki untuk menjadikan Indonesia menjadi Negara yang tidak kalah dari Negara lain dari segala sumber dayanya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.