Apa Saja Tugas dan Wewenang Presiden ?

Posted on

Indonesia merupakan Negara dengan model Sistem Pemerintahan Presidensial,  yang dengan ini berarti indonesia merupakan Negara yang dipimpin oleh satu orang yang disebut sebagai Presiden yakni seorang Kepala Negara.

Setelah beratus-ratus tahun terjajah dan akhirnya  merdeka pada tanggal 17 agustus tahun 1945. Dari mulai merdeka hingga sekarang Indonesia sendiri telah mengalami beberapa kali pergantian kepala Negara mulai dari Ir. Soekarno sebagai presiden pertama yang sampai sekarang namanya masih tetap melegenda.

Sampai sekarang presiden ke 07 yaitu Ir. Jokowi Widodo. Tentunya pergantian-pergantian ini memberikan hasil yang tidak semulus seperti apa yang diinginkan dan diharapkan oleh kebanyakan penduduk Indonesia.

Ada beberapa Presiden yang membuat rakyat semakin merasa tersiksa dan Negara semakin porak poranda, meski kita sadari juga telah ada banyak sekali dari hasil perjuangan mereka yang bisa kita nikmati hingga sekarang.

Setiap proses pergantiannya, tentunya masyarakat menginginkan memiliki Presiden yang bisa membawa indonesia khususnya dalam kehidupan penduduknya agar menjadi semakin baik. kini, setelah beberapa tahun Ir. Jokowi Widodo menjabat sebagai presiden kini tinggal beberapa bulan lagi rakyat indonesia menyuarakan hak suara untuk Presiden berikutnya.

Untuk dapat menjadi Presiden yang baik dan sesuai dengan apa yang seharusnya dilakukan oleh Kepala Negara, para Calon Presiden tidak hanya berperan aktif dalam partai politiknya saja. Namun, juga harus mengetahui akan berbagai macam tugas dan wewenang Presiden yang dapat dan harus dia laksanakan.

Ini bertujuan agar masyarakat indonesia bisa memiliki rasa bangga menjadi bangsa indonesia, tanpa ada sekat-sekat yang mengotak-ngotakannya. Tugas Presiden yang perlu diketahui dan dijalankan yaitu menjalankan kepemerintahannya yang disesuaikan dengan Undang-Undang Dasar serta Undang-Undang,

Dan memastikan jajaran pemerintahannya sudah patuh atau belum pada Undang-Undang Dasar dan UU yang sudah ditetapkan atau disahkan. Sedangkan Wewenang Presiden secara keseluruhan dalam hal ini adalah,

  • Memegang kekuasaan pemerintahan sesuai dengan Undang-Undang Dasar yang ada,
  • Merupakan pemegang kekuasaan tertinggi atas Angkatan laut, Angkatan darat, dan Angkatan Udara,
  • Mengajukan beberapa rancangan mengenai Undang-Undang kepada Dewan Perwakilan Rakyat yang ada. Untuk kemudian dapat dibahas dan disetujui bersama untuk selanjutnya disahkan menjadi Undang-undang oleh presiden sendiri dan Dewan Perwakilan Rakyat.
  • Dalam keadaan yang mendesak presiden juga diharapkan dapat menerapkan peraturan pemerintah pengganti UU,
  • Bisa menetapkan peraturan pemerintahan yang ada di Indonesia.
  • Mengangkat dan memberhentikan menteri-menterinya.
  • Menyatakan perang dan membuat perdamaian serta perjanjian terhadap Negara lain yang tentunya dengan menunggu persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat.
  • Membuat perjanjian internasional tentunya setelah mendapatkan persetujuan juga dari Dewan Perwakilan Rakyat.
  • Mengangkat dan menempatkan duta serta konsul dengan memperhatikan pertimbangan dari Dewan Perwakilan Rakyat.
  • Memberikan grasi dan rehabilitasi dengan memikirkan pertimbangan dari Mahkamah Agung.
  • Memberi amnesti serta abolisi dengan menunggu hasil keputusan pertimbangan dari Dewan Perwakilan Rakyat.
  • Memberikan gelar serta tanda jasa dan tanda kehormatan lainnya yang sesuai dengan UU.
  • Meresmikan anggota badan pemeriksa keuangan yang calonnya sudah ditetapkan oleh DPR, dengan meperhatikan pertimbangan dari Dewan Perwakilan Daerah.
  • Menetapkan para hakim agung sesuai dengan calon yang telah diusulkan oleh presiden, Dewan Perwakilan Rakyat, serta Mahkamah Agung.
  • Presiden sebagai Kepala Negara merupakan simbol resmi Negara Indonesia, serta sebagai kepala pemerintahan presiden dibantu oleh menteri-menteri yang ada di dalam kabinet. Yang merupakan pemimpin di eksekutif untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintahannya sehari-hari.

Dari tugas dan wewenang secara keseluruhan tersebut di masukkan kedalam 2 bagian lagi yakni tugas dan wewenang Presiden sebagai Kepala Negara dan tugas dan wewenang Presiden sebagai Kepala Pemerintahan. Agar bisa lebih mudah dipahami dan dimengerti sebagai suatu ilmu pengetahuan.

Tugas serta wewenang Presiden sebagai Kepala Negara ini meliputi, memegang kekuasaan tertinggi atas angkatan udara, laut serta darat, menyatakan adanya bahaya, menyatakan perang, perjanjian damai dengan Negara lain yang tentunya dengan persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat.

Memberi grasi serta rehabilitasi atas pertimbangan dari Mahkamah Agung, dan memberi amnesti, abolisi dengan mempertimbangkan usulan dari Dewan Perwakilan Rakyat. Dan yang kedua adalah tugas dan wewenang Presiden sebagai Kepala Pemerintahan yakni, mengajukan rancangan undang-undang kepada Dewan Perwakilan Rakyat.

Menetapkan peraturan dalam pemerintahannya, mengangkat serta memberhentikan para menteri, membuat UU bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat, serta mengajukan Rencana Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Tak hanya presiden, namun seluruh kalangan masyarakat baik yang tua sampai yang muda khususnya mereka para calon-calon generasi bangsa pun juga harus tau dan mengerti akan segala tugas dan wewenang presiden.

Jika ini terjadi hal ini sangat bagus dan dapat membuat bangsa Indonesia semakin baik lagi kedepannya. Karena dengan saling tau dan mengerti akan tugas dan wewenang yang harus dijalankan presiden ini dapat sama-sama mengevaluasi akan apa saja yang telah dilakukan oleh Kepala Negara di Negara tersebut.

Karena Indonesia merupakan Negara yang demokratis yang mengambil keputusan bukan hanya dari satu suara melainkan dari beberapa perwakilan suara yang sudah dipercaya. Tentunya dengan adanya evaluasi dari pandangan yang berbeda-beda akan membuat Presiden menjadi Kepala Negara yang dapat membawa bangsa untuk setara dengan negara-negara lainnya.

Dan jika penduduk bangsa tersebut juga tau akan hak dan kewajibannya ini akan dapat menjadi nilai positif sendiri bagi tumbuh kembang suatu Negara.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.