Beberapa Contoh Ucapan Selamat Hari Pendidikan Nasional

Posted on

Kali ini saya akan membagikan beberapa contoh ucapan selamat hari pendidikan nasional. Sebagaimana yang kita ketahui selama ini, hari pendidikan nasional jatuh pada tanggal 2 Mei. Ketika itu juga, lahir seorang pelopor pendidikan Indonesia bernama Ki Hajar Dewantara. Beliau juga merupakan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa dan banyak menghabiskan waktunya untuk memikirkan bagaimana masa depan pendidikan Indonesia ke depannya.

Ki Hajar Dewantara merupakan seorang aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, politisi, kolumnis, dan juga pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda. Beliau lahir di Pakualaman, 2 Mei 1889 dalam keadaan keluarga berada selama masa penjajahan Belanda. Beliau berani menentang kebijakan pendidikan Hindia Belanda pada saat itu. Hanya anak-anak orang kaya yang diperbolehkan untuk mengenyam pendidikan oleh pemerintah Belanda. Berkat perjuangan dari Ki Hajar Dewantara sekaligus untuk mengenang hari kelahirannya maka tanggal 16 Desember 1959 ditetapkan hari pendidikan nasional berdasarkan Keppres Nomor 315 Tahun 1959.

Ki Hajar Dewantara sering kali mengkritik kebijakan pemerintah kolonial Belanda yang sangat tidak adil kepada para pribumi untuk urusan pendidikan. Karena kritik tersebut, membuat beliau harus diasingkan ke Belanda dan setelah itu langsung mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa. Saat itu beliau genap berusia 40 tahun menurut hitungan penanggalan Jawa, sebagai pendiri Taman Siswa, beliau mengganti namanya menjadi Ki Hadjar Dewantara. Ia tidak lagi memakai gelar kebangsawanan di depan namanya. Hal tersebut dilakukan dengan maksud dan tujuan supaya ia dapat bebas dekat dengan rakyat, baik secara fisik maupun jiwa

Beliau juga terkenal akan filosofi Tut Wuri Handayani yang memiliki arti “di belakang memberi dorongan” dan kini telah menjadi slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia. Nama beliau diabadikan sebagai salah sebuah nama kapal perang asal Indonesia, yakni KRI Ki Hajar Dewantara. Potret dirinya sempat diabadikan pada uang kertas pecahan 20.000 rupiah tahun edisi 1998, namun kini sudah tidak ada lagi. Beliau wafat pada tanggal 26 April 1959.

Ucapan Selamat Hari Pendidikan Nasional

Sebagaimana yang kita ketahui, Hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Mei bukanlah Hari Pendidikan Nasional. Namun meskipun begitu, perayaan hari nasional ini tetap dirayakan di seluruh penjuru tanah air. Perayaan hardiknas biasanya dilakukan dengan melaksanakan upacara bendera di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, baik itu SD, MI, SMP, MTs, SMA, SMK, perguruan tinggi negeri maupun swasta dari tingkat kecamatan hingga pusat. Selain itu perayaan hari pendidikan nasional biasanya juga disertai dengan penyampaian pidato bertema pendidikan oleh pejabat terkait.

Saat peringatan hari pendidikan nasional tiba, banyak warga Indonesia baik yang tinggal di dalam negeri maupun luar negeri. Di berbagai sosial media dapat dengan mudah kita temukan berbagai contoh ucapan-ucapan yang dimaksud. Berikut ini beberapa contoh ucapan selamat hari pendidikan Nasional dari para netizen Indonesia yang telah dirangkum oleh situs kami :

Ing Ngarso Sung Tuladha (Di Depan Menjadi Contoh/Teladan)

Ing Madya Mangun Karsa (Di Tengah Membangun Semangat)

Tut Wuri Handayani (Di Belakang Memberi Dorongan)

Belajar adalah riasaan dalam kemakmuran, perlindungan dalam kesukaran dan tunjangan dimasa tua. Belajarlah dari masa lalu bilamana kita ingin mendefinisikan tentang masa depan. Selamat Hari Pendidikan Nasional.

Menjadi seorang guru janganlah setengah hati. Ingatlah, anak didik kita telah membuka sepenuh hatinya.

Ilmu tanpa amal sama saja omong kosong belaka, amal tanpa disertai ilmu adalah kesesatan yang nyata. Untuk memperingati hari pendidikan nasional, ayo, tuntutlah ilmu hingga akhir hayat.

Jadikanlah setiap tempat adalah sekolah dan setiap orang merupakan guru – Ki Hajar Dewantara.

Pendidikan dan kebudayaan merupakan gerakan pencerdasan dan penumbuhan generasi berkarakter Pancasila.

Mengapa kita harus belajar? Karena semua pencapaian berawal dari sebuah proses pembelajaran. Selamat hari pendidikan nasional.

Jangan terlalu santai dan berleha-leha dalam menyelesaikan pendidikan. Dunia kerja lebih mengutamakan pencari kerja yang lebih muda – Mario Teguh.

Pendidikan bukan hanya sekedar memberikan pengetahuan saja, melainkan juga mengasah afeksi moral sehingga menghasilkan karya bagi kepentingan umat manusia – Erza Saladin

Menempuh pendidikan bukan sekedar hanya untuk mendapatkan gelar saja, tetapi juga untuk membentuk moral – Mahfud MD (Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi)

Seribu kali lebih baik bagi kita jika memiliki kepekaan tanpa pendidikan daripada berpendidikan namun tidak memiliki kepekaan.

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai dengan kodratnya sendiri. Sementara itu, pendidik hanya bisa merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat tersebut (Ki Hajar Dewantara).

Pendidikan kini tak lagi murah, hanya kemurahan hati untuk membagi ilmu dan pengetahuan bagi mereka yang tidak sempat merasakan dunia pendidikan. Selamat hari pendidikan nasional.

Selamat hari pendidikan nasional tanggal 2 Mei 2018, semoga dengan pendidikan yang baik dapat membuka pikiran bukan justru menutup pikiran layaknya parasut yang hanya berfungsi ketika dalam keadaan terbuka. -inspirasi_bahagia

Pendidikan yang baik akan memutus rantai kemiskinan dan juga radikalisme – Cinta Laura Kiehl

Dunia akan berduka apabila kegelapan menyelimutinya. Impian terbaik yakni menemukan pelita, yaitu ilmu.

Harta, jabatan, atau popularitas tidak akan membedakan seseorang. Namun yang membedakan, apakah di dalam dirinya ada ilmu atau tidak.

Pendidikan bukan segalanya membuat bangsa menjadi maju. Tapi kemajuan sebuah bangsa tanpa pendidikan itu mustahil terjadi.

Sebagai generasi penerus bangsa, sebisa mungkin kita harus ikut andil untuk memajukan pendidikan di negeri tercinta ini. Jangan sampai kita semakin tertinggal dengan negara lain. Demikian beberapa contoh ucapan selamat hari pendidikan nasional, semoga bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkannya. Terima kasih.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.