Universitas Di Australia Buat Kamu Yang Ingin Kuliah Di Luar Negeri

Posted on

Australia merupakan Negara tetangga yang jaraknya cukup dekat dengan Indonesia. Hubungan diplomatik antara Australia dan Indonesia pun sudah terjalin cukup lama meski belakangan sedang mengalami guncangan. Namun bukan rahasia lagi jika Australia merupakan salah satu negara tujuan bagi warga Indonesia untuk sekadar merantau dan tinggal di sana. Terutama bagi calon Mahasiswa yang ingin mengenyam pendidikan luar negeri namun tak ingin terlalu jauh dengan keluarga. Nah, tenang saja karena artikel kali ini akan membahas mengenai 5 universitas di Australia yang bisa memberikan rekomendasi untuk kamu yang ingin kuliah di Negara berjuluk negeri kangguru.

Ya, letak Australia yang tak terlalu jauh dari Indonesia jika dibandingkan dengan Eropa atau pun Amerika memang menjadi salah satu alasan mengapa banyak mahasiswa asal Indonesia yang ingin kuliah di luar negeri untuk lebih memilih negara ini.

Namun selain alasan jarak, sebenarnya mengapa banyak mahasiswa asal Indonesia yang memilih untuk kuliah di Australia adalah, karena negara ini memiliki beberapa universitas yang tak kalah bergengsi dengan universitas lainnya. Meski memang prestasinya tak sementereng University of Oxford di Inggris, atau Hardvard University di Amerika Serikat. Akan tetapi Australia juga memiliki beberapa universitas terbaik yang di antaranya juga masuk ke dalam universitas terbaik di dunia.

Jadi tak usah jauh jauh ke Eropa atau Amerika kan, kamu bisa loh memilih untuk menyelesaikan pendidikan kamu di Australia yang jaraknya tak terlalu jauh dari Indonesia.

Nah, buat kamu yang berencana untuk meneruskan pendidikan di Australia namun belum memutuskan untuk masuk universitas mana, kamu bisa baca artikel ini hingga habis ya. Karena artikel di bawah ini akan memuat 5 universitas di Australia yang bisa kamu jadikan sebagai rekomendasi untuk mendapatan ilmu terbaik di bangku perkuliahan. Penasaran universitas mana saja yang termasuk ke dalam 5 besar universitas terbaik di Australia dan juga masuk ke dalam daftar universitas terbaik di dunia. Nih cek saja dulu infonya di bawah ini!

1. Australian National University

Buat kamu yang ingin kuliah di Australia, universitas pertama yang bisa dijadikan rujukan adalah Australian National University. Karena universitas ini mampu menunjukkan prestasinya sebagai peringkat nomor satu universitas terbaik di Australia dan peringkat 20 di dunia. Prestasi ini selalu dipertahankan secara konsisten oleh Australian National University.

Jadi tak heran jika universitas ini menjadi rujukan bagi calon mahasiswa dari berbagai dunia utamanya Indonesia. Terletak di pusat ibu kota, Canberra. Universitas ini menjadi satu-satunya universitas yang didirikan oleh Parlemen Australia. Sehingga jangan kaget jika alumni universitas ini hampir semuanya sukses dalam berkarier. Salah satunya bahkan pernah menjabat sebagai perdana menteri Australia loh.

2. University of Melbourne

Didirikan pada tahun 1853 silam membuat universitas ini menjadi universitas tertua kedua di Australia. Tak hanya itu saja, prestasi yang ditorehkan oleh University of Melbourne ini juga menjadikannya sebagai universitas terbaik nomor 41 di dunia loh dengan sekitar 47.000 mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan, lebih dari 12.000 mahasiswanya berasal dari internasional termasuk Indonesia. Universitas ini juga telah meraih sembilan hadiah penghargaan nobel. Wah, pengen ya jadi salah satu alumni University of Melbourne.

3. University of New South Wales

Meski menempati posisi ke 45 sebagai universitas terbaik di dunia, namun University of New South Wales ini ternyata menduduki peringkat ke 3 sebagai universitas terbaik di Australia. Hal ini tak terlepas dari prestasi universitas ini dalam menghasilkan banyak lulusan terbaik jika dibanding dengan universitas lainnya di Australia. Dengan tujuan untuk menjadi ‘Universitas Global di Australia‘ pada tahun 2025 nanti, membuat universitas ini kini telah bermitra dengan sekitar 200 universitas dari seluruh dunia. Bisa keren nih, kalau masuk sini.

4. University Of Queensland

Universitas of Queensland merupakan universitas yang berhasil menduduki peringkat ke 47 sebagai universitas terbaik di dunia dan merupakan salah satu universitas terbaik di Australia yang merupakan anggora ‘Group Of Eight’, yang merupakan sebuah koalisi dari universitas universitas di seluruh Australia yang fokus terhadap kanker serviks dengan melakukan berbagai macam inovasi penelitian untuk menemukan vaksin HPV. Siapa nih, yang ingin daftar di kampus yang terletak di pusat kota Brisbane ini.

5. University of Sydney

Sebagai universitas tertua di Australia, University of Sydney memang tak diragukan lagi eksistensinya. Apalagi universitas ini juga berhasil masuk ke dalam daftar universitas terbaik di dunia dan menempati peringkat ke 50. Didirikan pada tahun 1850 universitas ini sendiri mampu menampung siswa sekitar 60.000 siswa. Sebagai angkota Kelompok Delapan, membuat universitas ini menawarkan berbagai macam program yang sangat banyak jika dibandingkan dengan universitas lain di Australia. Kalau kamu kuliah di Universitas of Sydney, setiap hari kamu akan dibikin kagum sama arsitektur bangunan yang bergaya neo-gothik yang indah, duh bikin betah pastinya.

Itulah daftar 5 universitas terbaik di Australia yang bisa kamu jadikan sebagai salah satu rekomendasi untuk kamu yang mungkin ingin menempuh pendidikan di negeri kangguru. Meski tak sementereng universitas yang berada di Amerika atau Eropa, namun beberapa universitas yang berada di Australia tersebut mampu menunjukkan kualitasnya sehingga diakui oleh dunia.

Nah, jika kamu memiliki rencana untuk kuliah di sana, 5 universitas di Australia di atas bisa tuh jadi salah satu pilihan kamu. Ingat ya, untuk memilih universitas yang cocok dengan skil dan minat kamu.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.