4 Pilihan Universitas Swasta Terbaik Di Indonesia, Buat Yang Nggak Lolos Masuk PTN

Posted on

Tidak semua orang bisa beruntung saat berusaha untuk meraih di gelaran SNMPTN, SBMPTN, atau pun Ujian Mandiri PTN. Namun hal tersebut bukan berarti hidup kamu berakhir dan bersedih berlarut-larut hingga melupakan masa depan. Karena sebenarnya masih ada kok universitas swasta terbaik di Indonesia yang bisa dijadikan pilihan lain ketika kamu gagal lolos masuk PTN.

Sehingga hal ini bisa kamu jadikan sebagai alternatif buat kamu untuk menuntut pendidikan, karena sebenarnya mau kuliah di perguruan tinggi negeri atau pun swasta sama saja, karena masa depan tetap kamu yang menentukan bukan ditentukan dari lulusan perguruan tinggi negerti atau swasta.

Apalagi sekarang ini sudah banyak kok, perguruan tinggi swasta yang kualitasnya tak jauh berbeda dengan perguruan tinggi negeri. Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kalah bersaing dengan mahasiswa lulusan perguruan tinggi negeri. Karena kini telah banyak hadir perguruan tinggi swasta yang memiliki kualitas terbaik, modern dan juga profesional. Sehingga lulusan perguruan tinggi swasta pun akan mampu bertahan di dunia kerja nantinya.

Saat ini sudah tak ada lagi stigma mengenai perguruan tinggi swasta sebagai universitas kelas dua yang kalah dengan perguruan tinggi negeri. Karena hal ini bisa dibuktikan dengan daftar peringkat universitas terbaik di Indonesia yang dirilis oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang dilakukan pada pertengahan tahun silam.

Setelah melakukan peringkatan terhadap 3.320 perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta non-politeknik, yang disusun berdasarkan beberapa kriteria seperti sumber daya manusia, kualitas manajemen, kualitas penelitian, publikasi ilmiah serta yang paling penting adalah kualitas kegiatan mahasiswa, yang kemudian diperoleh 100 universitas terbaik di Indonesia. Di antara 100 daftar tersebut, ada perguruan tinggi swasta berasal dari beberapa daerah di Indonesia yang ternyata mampu bersaing di peringkat teratas dan terbukti mampu bersaing dengan perguruan tinggi negeri.

Sehingga dari beberapa daftar peringkat perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia ini bisa dijadikan salah satu refrensi bagi kamu yang gagal lolos ujian PTS. Nah, kira-kira mana saja universitas swasta terbaik di Indonesia? Berikut ini daftarnya ya!

 

1. Universitas Atma Jaya (Jakarta)

Universitas Katolik Indonesia atau yang biasa dikenal dengan Unika Atma Jaya adalah salah satu universitan swasta terbaik di Indonesia. Menempati posisi ke 30 dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia, kampus bergengsi yang berada di Jakarta ini memberikan para mahasiswa kesempatan untuk mengembangkan diri di berbagai bidang yang telah disediakan.

Ada sekitar 17 program studi dan program Sarjana serta Pasca Sarjana. Efektifitas pengajaran yang didukung dengan kelengkapan fasilitas serta kegiatan kemahasiswaan yang beragam membuat universitas ini ditempatkan ke dalam peringkat ke tiga untuk universitas swasta terbaik di Indonesia. Universitas ini sendiri berada di bilangan Semanggi dan daerah Pluit serta di Bumi Serpong Damai (BSD).

 

2. Universitas Telkom (Bandung)

Buat kamu penggila teknologi informasi kamu tak harus bingung untuk menentukan perguruan tinggi swasta mana yang akan kamu pilih. Karena ada loh, salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia yang berlatar ICT-based campus yang berada di Jalan Telekomunikasi Terusan Buah Batu, Kota Bandung, Jawa Barat ini bahkan telah memperoleh bintang lima dari sebuah lembaga riset yang dilakukan terhadap institusi dan universitas QS Star pada bidang pengajaran, sumber daya, fasilitas serta keterbukaan. Dengan tujuh fakultas yang ada kamu akan dapat ilmu yang berasal dari pengajar-pengajar terbaik yang telah menguasai bidang ICT.

Program studi yang terdapat pada masing-masing fakultas akan fokus terhadap inovasi dan juga pengembangan di dalam bidang teknologi informasi sehingga para lulusan universitas ini akan dapat bersaing di dunia ICT. Buat kamu yang menyukai dunia ICT, bisa tuh pilih universitas yang menduduki peringkat ke 30 sebagai perguruan terbaik di Indonesia.

 

3. Universitas Muhammadiyah (Malang)

Universitas swasta terbaik berikutnya berada di Kota Malang, buat kamu yang gagal masuk universitas negeri di Malang, kamu tak perlu sedih karena sebenarnya di Malang juga ada kok universitas swasta yang tak kalah kualitasnya.

Universitas Muhammadiyah Malang atau yang biasa dikenal dengan UMM ini memiliki tiga kampus yang berlokasi di tiga tempat yakni, di Jalan Bandung, Malang, di Jalan Bendungan Sutami, dan juga berada di Jalan Raya Tlogomas, Malang, Jawa Timur. Di universitas yang menempati urutan 36 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia ini kamu bisa memilih beberapa program studi di Fakultas Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pertanian dan Peternakan, Ilmu Kesehatan, Agama Islam, serta Ekonomi dan Bisnis.

 

4. Universitas Sanata Dharma (Yogyakarta)

Universitas Sanata Dharma atau yang biasa disingkat dengan USD ini awalnya bernapas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Karena di awal berdirinya, Moh. Yamin dan para Jesuit ingin menginisiasi USD sebagai tempat untuk mendidik oaea calon pendidik masa depan.

Akan tetapi pada akhirnya USD berkembang dengan tak hanya sebatas membuka studi Keguruan dan Keilmuan Pendidikan tapu juga ilmu murni lainnya dengan membuka 8 Fakultas dengan total 25 program studi, 3 program pascasarjana, 3 program peminatan khusus dan 1 program profesi. Di universitas yang menduduki peringkat ke 49 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia ini kamu bisa memilih program studi di masing-masing fakultas yang ada seperti, Fakultas Ekonomi, Farmasi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Psikologi, Sains dan Teknologi, Sastra, serta Teologi.

Nah, itu dia daftar universitas swasta terbaik di Indonesia. Jadi gagal masuk ujian PTN ternyata bukan akhir dari segalanya kan. Karena kamu bisa menjadikan kampus swasta di atas sebagai rekomendasi. Karena yang namanya menuntut ilmu bisa dilakukan di mana saja tanpa mengenal tempat dan usia. Semangat ya!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.